Ternyata Ini Alasan Rocky Gerung Serius Sebut Jokowi Presiden Tak Paham Pancasila

Ternyata Ini Alasan Rocky Gerung Serius Sebut Jokowi Presiden Tak Paham Pancasila

5 Desember 2019
Rocky Gerung

Rocky Gerung

RIAU1.COM - Belakangan ini publik tengah dihebohkan dengan pernyataan akademisi Rocky Gerung yang menyebut Jokowi merupakan presiden yang tidak paham Pancasila.

Rocky mengungkapkan, jika Jokowi memang paham Pancasila, maka ia tak akan mengeluarkan kebijakan yang bertentangan dengan rakyat.

Rocky mencontohkan, di isu lingkungan, salah satu kebijakan ialah rencana menghapus syarat Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dalam mengurus perizinan investasi. Menurutnya, kebijakan itu bertentangan dengan sila ke-5.

"Amdal itu adalah paradigma dunia hari ini. Melanggar amdal artinya tidak Pancasilais. Pancasilais, berarti ada Amdal," ucap Rocky, dilansir Tempo.co, Kamis 5 Desember 2019.

Rocky melanjutkan, contoh lainnya kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan. Ia mengatakan kebijakan itu tak tepat dilakukan dalam keadaan ekonomi yang sulit.

Selain sila ke-5, Rocky menyebut kebijakan Pemerintah juga mesti berbasis demokrasi seperti sila ke-4. Seperti, membubarkan organisasi masyarakat dengan membuat Perpu bertentangan dengan asas demokrasi.

Dengan penilaiannya tersebut, yang menjadikan Rocky Gerung dengan serius menyebut Presiden Jokowi tidak paham pancasila. "Saya serius mengatakan Presiden tidak paham," kata Rocky.