Bukan Google Atau Amazon, Perusahaan Terkaya Se Dunia Ada Di Indonesia

Bukan Google Atau Amazon, Perusahaan Terkaya Se Dunia Ada Di Indonesia

17 November 2019
Ilustrasi VOC (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi VOC (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Semua orang mengetahui bahwa saat ini Google, Microsoft, Amazon merupakan perusahaan terbesar di dunia. Namun tahukah perusahaan mana yang paling tajir sepanjang masa hingga saat ini?.

Jawabannya adalah Verenidge Oost-Indische Compagnie (VOC) yang berdiri di Hindia Belanda atau sekarang bernama Indonesia dikutip dari merdeka.com, Minggu, 17 November 2019.

Sederetan perusahaan saat ini belum ada yang mampu mengalahkan ketajiran perusahaan kongsi dagang milik Belanda tersebut.

Kekayaan itu didapat karena VOC melakukan monopoli perdagangan dan mencari sumber daya alam untuk dijual selama 21 tahun. Perusahaan ini juga mengirim lebih dari satu juta pelayaran ke Asia.

Dengan keistimewaan yang diberikan pemerintah Belanda, VOC bisa mendapatkan barang-barang eksotis, membangun koloni bahkan memulai peperangan.

Tahun 1637 saja, uang yang dimiliki VOC setara dengan 78 juta gulden atau USD 7,9 triliun atau Rp112,6 triliun.

Nilainya saat ini sama dengan jumlah 20 perusahaan besar dunia seperti Apple, Amazon, ExxonMobil, Tencent hingga Microsoft. Nilai Apple saja cuma 11 persen dari nilai kekayaan VOC.

Saat beroperasi, kongsi dagang ini mempekerjakan 70.000 pekerja dan bertahan hingga 400 tahun. VOC bangkrut pada 1799 karena keserakahan.