Ibukota Indonesia Bakal Dipindah dari Jakarta, Ini Permintaan Gubernur Anies Baswedan ke Pusat

Ibukota Indonesia Bakal Dipindah dari Jakarta, Ini Permintaan Gubernur Anies Baswedan ke Pusat

15 November 2019
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

RIAU1.COM - Pemindahan ibukota Indonesia tidak lagi jadi isapan jempol, sejumlah persiapan mulai dilakukan pemerintah pusat untuk proses pemindahan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan.

Menyikapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan, pemerintah pusat harus dapat memastikan ketersediaan payung hukum bagi status baru DKI Jakarta setelah ibukota baru Indonesia ditetapkan.

"Harus dipastikan bahwa untuk peran perekonomian di Jakarta terfasilitasi di peraturannya yang baru. Karena Jakarta akan ditempatkan sebagai pusat perekonomian," kata Anies di Kantor Bappenas, dilansir Kompas.com, Jumat 15 November 2019.

Kehadiran Anies di Kantor Bappenas sendiri adalah untuk menghadiri rapat membahas pemindahan ibu kota. Dalam rapat itu, Anies mengaku, tidak memberikan usulan apapun terkait rencana pemindahan ibukota dari DKI Jakarta. Ia mengapresiasi rencana pemindahan ibu kota itu.

Loading...

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya dapat memastikan, program pembangunan pemerintah pusat di Jakarta tetap terlaksana sesuai jadwal.

"Tidak ada usulan khusus. Kami mengapresiasi saja bahwa Bapak Presiden, pemerintah pusat itu terus akan melaksanakan rencana pembangunan yang sudah disepakati untuk di Jakarta," pungkasnya.