Presiden Jokowi Minta Dua Level Saja, Posisi Camat dan Lurah Terancam Jika Eselon III- IV Dihapus

Presiden Jokowi Minta Dua Level Saja, Posisi Camat dan Lurah Terancam Jika Eselon III- IV Dihapus

4 November 2019
Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi.

RIAU1.COM - Presiden Jokowi ingin menyederhanakan eselon pejabat hanya jadi dua level saja. Tak perlu lagi Eselon III dan IV. 

Hal ini dikhawatirkan menghapus posisi eselon Camat dan Lurah. 

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta berharap pemangkasan eselon yang diwacanakan pemerintah pusat tak menghilangkan posisi camat dan lurah di sejumlah daerah.

 

Kepala BKD DKI Jakarta, Chaidir mengatakan para pejabat Eselon III dan IV , yang direncanakan untuk dipangkas, bukan hanya berada di satuan kerja perangkat daerah (SKPD), melainkan juga di kecamatan dan kelurahan.

"Camat masuk eselon III dan lurah eselon IV. Saya harap posisi mereka tetap dipertahankan di wilayah," kata Chaidir saat dihubungi Antara, Senin (4/11).

Pernyataan disampaikan terkait wacana perampingan birokrasi oleh pemerintah pusat yang akan berdampak pada penghapusan jabatan eselon III dan IV di pemerintahan daerah.


Menurut Chaidir, posisi camat dan lurah tidak bisa diganti oleh pejabat fungsional. Dia mengatakan jabatan struktural cenderung memiliki anak buah dan kewenangan untuk memerintah.

Berbeda dengan pejabat fungsional, cenderung tidak memiliki anak buah dan dituntut memiliki keterampilan yang berkompeten di bidang kerjanya masing-masing.

"Mereka (camat dan lurah) punya kewenangan untuk memerintah jajaran ke bawah dan juga punya kewenangan sebagai pimpinan kepala wilayahnya, dalam hal ini ada RT dan RW," ujar Chaidir, seperti dilansir CNN Indonesia. 

Dia menjelaskan, jabatan fungsional adalah jabatan yang mempunyai keterampilan sesuai keahlian profesionalnya. Bila eselon II difungsionalkan, maka harus memiliki keahlian di bidang sumber daya manusia (SDM).

"Nanti di situ (BKD) saat jadi fungsional saya bisa menjadi instruktur pelatihan SDM," katanya.

Meski demikian, Chaidir tetap mendukung rencana pemerintah pusat dalam menghapus pejabat eselon III dan IV. Tujuan untuk merampingkan jumlah birokrasi di pemerintah dengan kualitas yang lebih baik dengan mengganti posisinya sebagai jabatan fungsional.


"Daerah prinsipnya mendukung sejauh aturannya sudah diturunkan dan kami akan memprioritaskan," kata Chaidir.

 

Rencana perampingan jabatan eselon dalam tubuh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah muncul dalam pidato Joko Widodo (Jokowi) usai dirinya dikukuhkan sebagai Presiden periode 2019-2024.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi dua level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," kata Jokowi.

R1 Hee.