Awal Penamaan Kesultanan Perlak, Kerajaan Islam Pertama Di Nusantara

Awal Penamaan Kesultanan Perlak, Kerajaan Islam Pertama Di Nusantara

23 Oktober 2019
Ilustrasi Kapal Arab dan Persia (Foto: Istimewa/internet

Ilustrasi Kapal Arab dan Persia (Foto: Istimewa/internet

RIAU1.COM - Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui bahwa Kesultanan Perlak merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa asal penamaan kerajaan ini berawal dari persinggahan kapal-kapal niaga orang-orang Arab dan Persia.


Wilayah Perlak di Aceh Timur pada awalnya banyak ditumbuhi kayu sehingga menjadi tempat persinggahan kapal-kapal niaga orang dari timur tengah. Perlak berasal dari kata Peureulak dikutip dari histori.id, Rabu, 23 Oktober 2019.

Bangsa timur tengah menyebut daerah tempat pembelian dengan nama kayu yang dihasilkannya sehingga terkenal dengan nama sebutan negeri Perlak.

Seiring berjalannya waktu terbentuklah dan berkembang masyarakat Islam terutama sebagai akibat perkawinan di antara saudagar-saudagar muslim dengan perempuan lokal.

Loading...

Menyebabkan berdirinya Kerajaan Islam Perlak yang pertama pada Selasa, 1 Muharram 225 H/840 M dengan rajanya pertama Syed Maulana Abdul Azia Shah dengan putri Perlak atau yang terkenal dengan gelar Sultan Alaiddin Syed Maulana Abdul Azis Shah. 

Saat itu juga Ibu kota kerajaan diubah dari Bandar perlak menjadi Bandar Khalifah. Perubahan ini untuk mengenang jasa nahkoda Khalifah yang telah membudayakan Islam pada masyarakat Asia Tenggara yang dimulai dari Perlak.