Mengenal Awal Penamaan Jalan Riau Di Kota Bandung

Mengenal Awal Penamaan Jalan Riau Di Kota Bandung

20 Oktober 2019
Jalan Riau yang kini berganti nama menjadi RE Martadinata di Kota Bandung (Foto: Istimewa/internet)

Jalan Riau yang kini berganti nama menjadi RE Martadinata di Kota Bandung (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Menarik mengulang kembali sejarah awal penamaan Jalan Riau yang berganti menjadi RE Martadinata di Kota Bandung, Jawa Barat.


Penamaan Jalan Riau tak terlepas dari sebuah daerah di Pulau Sumatra yang kaya akan sumber daya alamnya dikutip dari gridoto.com, Minggu, 20 Oktober 2019.

Menurut sejarahnya penamaan ini untuk mempermudah pemetaan lokasi, maka nama-nama jalan di Bandung diambil berdasarkan klasifikasi dari peta daerah atau pulau di Nusantara.

Begitupun dengan jalan sekelilingnya menggunakan nama daerah lain, seperti Jalan Sumatera, Jalan Aceh, Jalan Banda, Jalan Sumbawa, Jalan Lombok, dan nama lainnya.

Sedikit mundur, dari dulu nama Jalan Riau sudah tersohor. Pada masa pemerintahan Kolonial Hindia Belanda, sekitar abad ke-19, Jalan yang memiliki panjang 3 kilometer ini dikenal dengan nama Riouwstraat yang juga pernah menjadi tempat aktivitas kelompok elit Eropa.

Juga menjadi lokasi perumahan elite untuk orang-orang Eropa. Kawasan kegiatan bangsa Eropa itu dulunya disebut Europese Zakenwijk.

Loading...

Ketika pergantian kekuasaan dari Pemerintah Kolonial Belanda ke Jepang, terjadi beberapa perubahan.

Seperti struktur bangunan yang dibuat benteng dan pos penjagaan tentara Jepang. Setelah kemerdekaan, beberapa rumah orang Eropa diambil alih menjadi hak milik masyarakat sekitar.

Beberapa rumah lainnya menjadi hak milik negara atau pemerintah Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, lahan pemukiman yang dekat dekat dengan pusat pemerintahan dialihfungsikan masyarakat menjadi ladang bisnis bangunan komersil. Seperti pusat fesyen, hotel, rumah makan hingga perbankan.