Begini Komentar Rakyat Kecil Di Jakarta Soal Pemindahaan Ibu Kota Ke Kalimantan

Begini Komentar Rakyat Kecil Di Jakarta Soal Pemindahaan Ibu Kota Ke Kalimantan

16 Agustus 2019
Ilustrasi kota Jakarta (Foto: Istimewa/Internet)

Ilustrasi kota Jakarta (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Berbagai macam tanggapan warga Jakarta soal Pemindahaan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan. Dikutip dari tempo.co, Jumat, 16 Agustus 2019, ada yang setuju dengan Pemindahaan tersebut dan ada pula yang menolak.


Seperti misalnya tanggapan dari pemilik warung yang menyediakan kopi, mie instan dan rokok di sekitar Pasar Palmerah, Iwan. Dirinya mengaku setuju jika Ibu Kota dipindah. Sebagai rakyat kecil, dirinya tidak punya kemampuan untuk menolak rencana pemerintah tersebut.

"Yang penting bisa mengelolanya nanti," sebutnya. Jika benar dipindahkan, Iwan mengaku akan pulang kampung. Menurut dia, pendapatannya membuka warung di pinggir jalan semakin lama semakin kecil, apalagi jika Ibu Kota dipindahkan ke Kalimantan.

Sementara tanggapan seorang penjual tabung gas keliling dengan gerobak, Waridin menilai Ibu Kota tidak perlu dipindahkan. Itu karena biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk mewujudkan rencana pemindahan tersebut terbilang tidak sedikit.

Loading...

"Sementara utang kita kan masih banyak," jelasnya. Waridin menambahkan, dirinya tidak akan ikut pindah ke Kalimantan jika pemerintah memutuskan untuk pindah Ibu Kota. Dia yang sudah merantau ke Jakarta sejak 1980 itu tidak ingin terpisah terlalu jauh dengan isteri dan dua orang anaknya.

Sementara seorang pengemudi ojek online yang mangkal di kawasan Palemerah, Agus hanya bisa pasrah atas rencana tersebut. Dirinya sampai saat ini belum memutuskan untuk tetap tinggal di Jakarta atau ikut merantau ke Kalimantan atau bahkan pulang kampung ke Sumatera Utara, "belum tahu sih," sebutnya.