Percaya Atau Tidak, Pemabuk Kompeni Cetus Penamaan Nama Kota Batavia

Percaya Atau Tidak, Pemabuk Kompeni Cetus Penamaan Nama Kota Batavia

19 Juli 2019
Museum Fatahillah (Foto: Istimewa/Internet)

Museum Fatahillah (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM - Alwi Sahab, penulis buku berjudul "Waktu Belanda Mabuk Lahirlah Batavia" menceritakan asal muasal penanaman kota yang terletak di Muara Sungai Ciliwung tersebut.

Tulisan yang kami kutip, Jumat, 19 Juli 2019 itu bermula dari Gubernur Jenderal Jan Peterzoon Coen menaklukkan Jayakarta pada tahun 1619.

Jenderal ini memiliki keinginan menamai kota yang baru dijajah di wilayah Sunda Kelapa itu dengan sebutan De Hoorn, kota yang terletak di bagian Holand Utara tanah kelahirannya.

Sebelum niatnya terwujud, Soldadoe VOC yang sedang mabuk meneriakkan Batavia.. Batavia. Teriakannya itu ditenggarai dari kemenangan yang mereka raih.

Nemun, Alwi menambahkan Jenderal Coen tak rela wilayah jajahannya disebut dengan Batavia. Sekuat tenaga dirinya merubah sebutan itu. Namun gagal.

Salah satu alasannya karena para pemegang saham kongsi dagang Belanda di Netherland lebih memilih penamaan Batavia dari pada De Hoorn.

Loading...

Hingga saat itu, Jayakarta disebut Batavia sebagai Ibu Kota Hindia Belanda hingga berakhir penjajahan kolononial pada tahun 1942.