Kapal Tujuan Singapura-Bintan Kandas di Perairan Lobam, 40 Penumpang Dievakuasi

Kapal Tujuan Singapura-Bintan Kandas di Perairan Lobam, 40 Penumpang Dievakuasi

15 Juli 2019
Tim Basarnas saat  mengevakuasi penumpang kapal MV Indra Bupala di Bintan, Senin.

Tim Basarnas saat mengevakuasi penumpang kapal MV Indra Bupala di Bintan, Senin.

RIAU1.COM - Kapal MV Indra Bupala rute Singapura- Bintan Lobam,  kandas di Perairan Lobam, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (15/7).

Sebanyak 40 orang penumpang berhasil dievakuasi oleh Tim Basarnas. 

"Para penumpang sudah dievakuasi ke Pelabuhan Lobam. Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi sehat," kata Kasi Operasional SAR Tanjungpinang, Eko Supriyanto, Senin siang, 15 Juli 2019, seperti dilansir Antara. 

 

Sementara crew kapal dari MV Indra Bupala berjumlah delapan orang sampai saat ini masih berada di kapal untuk menunggu pasang laut dan selanjutkan direncanakan lepas dari kandas.

Menurut Eko, kapal yang rutin melayari Singapura-Lobam itu kandas dengan jarak sekitar 2 NM dengan pelabuhan tujuan. Cuaca saat itu hujan deras disertai petir. “Informasi kejadian ini kami terima dari Lina pada pukul 08.25 WIB. Beberapa saat kemudian unsur SAR gabungan langsung turun menuju lokasi,” ungkapnya.

 

Unsur SAR gabungan yang melakukan evakuasi meliputi SAR Tanjungpinang, PLP Tanjung Uban, Ditpolair Polda Kepri serta Pos Angkatan Laut Tanjung Uban.

Adapun rincian 40 penumpang dan negara asal yang ada di dalam kapal tersebut, yakni Singapura 16 orang, Indonesia 2 orang, Malaysia 12 orang, Philipina 2 orang, Jepang 1 orang, India 3 orang, Australia 2 orang, UK 1 orang, Perancis 1 orang.

R1/Hee