Begini Postingan Terakhir Sutopo di Instagram Sebelum ke Guangzhou

Begini Postingan Terakhir Sutopo di Instagram Sebelum ke Guangzhou

7 Juli 2019
Kepala Humas dan Pusat Data BNPB, almarhum Sutopo Purwo Nugroho

Kepala Humas dan Pusat Data BNPB, almarhum Sutopo Purwo Nugroho

RIAU1.COM - Kepala Humas dan Pusat Data BNPB, Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia setelah menjalani pengobatan knaker paru-paru di Guangzhou, Cina, Ahad 7 Juli 2019 dinihari tadi, sekitar pukul 02.20 waktu setempat.

"Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh," dalam keterangan resmi Humas BNPB, dilansir Republika.co.id.

Sutopo meninggalkan Tanah Air untuk menjalani pengobatan kanker paru-paru stadium lanjut di Guangzhou, Cina, pada 15 Juni 2019 lalu. Ia berjuang melawan penyakit kanker paru yang sudah diidapnya sejak awal tahun 2018.

Saat pertama kali divonis menderita kanker paru stadium empat, Sutopo mengaku kaget karena dirinya bukan perokok dan menjaga pola makan sehat.

Dalam beberapa unggahan foto di akun Instagram miliknya, Sutopo juga sering menceritakan bahwa penyakit kanker yang dideritanya terasa sangat menyakitkan.

"Sakit kanker yang sudah metastase ke tulang itu sakitnya Iuar biasa. Nyeri terus menerus dan di banyak sendi. Diberi morfin tidak mempan menahan sakit," tulis Sutopo dalam postingan Instagram miliknya, tanggal 9 Juni 2019 silam.

Postingan terakhir di Instagram pribadinya, Sutopo mengunggah video sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Ia memohon pamit untuk pergi berobat ke Guangzhou, Cina pada 15 Juni 2019.

Melalui postingan terakhirnya itu, Sutopo kembali menyampaikan, kanker yang sudah menyebar terasa amat menyakitkan.

"Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di bsnyak tulang dan organ tubuh lali. Kondisinya sangat menyakitkan sekali." tulis Sutopo.