Pasca Pemilu, Menkominfo Sebut Berita Hoaks Semakin Marak

Pasca Pemilu, Menkominfo Sebut Berita Hoaks Semakin Marak

20 April 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Meskipun pesta demokrasi telah berlangsung pada 17 April 2019 lalu, namun suasana politik masih memanas hingga saat ini bahkan informasi bohong atau hoaks bertebaran yang berkaitan dengan Pemilu 2019.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, informasi bohong atau hoaks yang bertebaran berkaitan dengan Pemilu 2019 justru meningkat.



"Saya harap turun tapi ternyata tidak, justru masih ada terus bahkan Pilpres sudah tanggal 17 kemarin Pileg selesai. Tetapi kita identifikasi masih ada yang berkaitan dengan Pilpres," ujar Rudiantara dikutip dari Merdeka.com Sabtu (20/4/2019).

Ia pun mengungkapkan, penyebaran berita bohong atau hoaks ini mengalami peningkatan pada bulan April. Meskipun bulan Maret juga banyak penyebaran hoaks terkait Pemilu 2019.



"Iya (meningkat), jadi kita jaga sama-sama jangan kirimkan hoaks terutama untuk KPU. Kita jaga sama-sama untuk KPU lakukan perhitungan," ungkapnya.

Selain itu, terkait server KPU yang sempat mengalami kesulitan dalam mengakses hasil Sistem Penghitungam (Situng), Kominfo bersama KPU sedang mengatasi masalah tersebut.