Kementerian PUPR akan Bangun 104 Waduk di Seluruh Indonesia Tahun Ini

Kementerian PUPR akan Bangun 104 Waduk di Seluruh Indonesia Tahun Ini

6 Februari 2019
Salah satu embung yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR.

Salah satu embung yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Foto: Kementerian PUPR.

RIAU1.COM -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun 104 embung atau waduk yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia pada tahun ini. Penyediaan sarana dan prasarana air ini adalah untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan.

"Kami telah membangun embung sebanyak 949 buah dalam empat tahun terakhir. Sehingga total embung yang terbangun hingga 2019 berjumlah 1.053 embung," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Selasa (6/2/2019).

Tahun 2018, jumlah embung yang dibangun Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air sebanyak 103 embung. Dengan tambahan jumlah embung tersebut, maka selama empat tahun (2015 – 2018), jumlah embung yang dibangun 949 buah.

Di beberapa daerah, masyarakat masih kesulitan memperoleh air bersih. Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR agar selalu berupaya menyediakan infrastruktur, salah satunya melalui pembangunan embung.

Loading...

"Penyediaan sarana dan prasarana air adalah untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan. Dimensi embung yang dibangun bervariasi dengan kapasitas tampung antara 1.000 hingga 500.000 meter kubik dan kedalaman di bawah 15 meter," jelas Basuki.

Keberadaan embung, selain untuk irigasi sawah juga bermanfaat untuk konservasi air. Sehingga, embung dapat digunakan sebagai sumber air baku, sumber air bagi ternak terutama pada saat musim kemarau.