Sukseskan Program Kopi Meranti, Ini yang Dilakukan Bunda PAUD Ismiatun

Sukseskan Program Kopi Meranti, Ini yang Dilakukan Bunda PAUD Ismiatun

18 Juli 2024
Monev MPLS Bunda PAUD Kabupaten Meranti/Sinkap.info

Monev MPLS Bunda PAUD Kabupaten Meranti/Sinkap.info

RIAU1.COM - Monitoring dan evaluasi (Monev) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di beberapa sekolah di Kecamatan Tebing Tinggi, Selatpanjang ditinjau Bunda PAUD Kabupaten Kepulauan Meranti, Hj Ismiatun Asmar.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menyukseskan program Kolaborasi dan Praktik Baik Mengajar Menyenangkan Rangkai Prestasi (Kopi Meranti) Jilid 2 yang merupakan program unggulan dari Bunda Paud Kepulauan Meranti dalam menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. 

Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Pendidikan Non Formal (P3NF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Meranti, Suprapti, menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari Kegiatan Berbagi Praktik Baik Guru PAUD se Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Dia menyebut, contoh pembelajaran literasi dan numerasi yang menyenangkan yang berpusat pada anak di SD Negeri maupun swasta kelas awal, bertujuan untuk memberikan gambaran kepada guru SD terkait pembelajaran menyenangkan masa transisi anak-anak di SD dengan mengembangkan 6 pondasi dasar anak secara serentak pada tanggal 17 Juli 2024. 

“Tidak semua anak yang memasuki jenjang SD kelas 1 pernah mengecap pendidikan di PAUD, sehingga dibutuhkan upaya menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, aman dan nyaman bagi anak-anak di masa pengenalan lingkungan sekolah selama 2 minggu pertama," terang Prapti. 

“Kita berharap satuan pendidikan sekolah dasar terus meningkatkan layanan pendidikan yang semakin berkualitas dengan koordinasi positif dengan satuan PAUD yang ada disekitarnya. Melalui pendidikan yang berkesinambungan, kita harapkan visi Meranti maju, cerdas, dan bermartabat dapat dicapai," sambung dia.

Adapun 4 sekolah yang menjadi kunjungan monitoring, yaitu SDN 14 Banglas, PAUD KB Bestari Desa Banglas, RA Nurfatiha Desa Banglas, dan SD Swasta Patria Dharma Selatpanjang.  

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dan membantu menyukseskan kegiatan MPLS di Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya para guru yang terlibat langsung, kami harap transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dapat tercapai dan dapat terlaksana dengan baik,"tutur Ismiatun.*