Sosialisasi Akreditasi Gudep di Tasik Putri Puyu Kabupaten Meranti

14 Oktober 2024
Sosialisasi Akreditasi Gudep di Meranti

Sosialisasi Akreditasi Gudep di Meranti

RIAU1.COM - Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan Cabang Kepulauan Meranti Tahun 2024 di Desa Bandul Kecamatan Tasik Putri Puyu dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Meranti, Ismiatun.

Ismiatun menyebutkan, gerakan pramuka adalah organisasi gerakan kepanduan di tanah air yang lahir pada tanggal 14 Agustus 1961. Meski begitu, gerakan tersebut telah ada sejak zaman kolonial yang telah berganti nama dan merupakan gabungan organisasi kepanduan.

"Gerakan pramuka adalah wadah untuk mendidik dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi," kata dia.

Kemudian Ismiatun juga menjelaskan, Kwarcab Kepulauan Meranti sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas kepramukaan di wilayah Kepulauan Meranti.

"Kita sudah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah dan organisasi masyarakat, untuk mendukung program kepramukaan di Kepulauan Meranti," sebut dia.

Adapun akreditasi gugus depan tersebut, tambahnya, menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme organisasi pramuka di tingkat gugus depan. Proses itu dapat dinilai dan memperbaiki berbagai aspek, mulai dari kepemimpinan, manajemen, hingga pelaksanaan kegiatan kepramukaan. 

"Dengan sosialisasi ini, diharapkan seluruh anggota pramuka, baik pembina maupun peserta didik dapat memahami tujuan dan manfaat dari akreditasi," kata Ismiatun.

Dia berharap semangat kebersamaan dan semangat kepramukaan akan terus terjaga, untuk mewujudkan pramuka yang profesional dan proporsional.

"Mari kita bersama berkontribusi membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara. Serta menjadikan pramuka sebagai wadah pembentukan karakter yang kuat dan memiliki dampak positif dalam kehidupan kita sehari-hari," harapnya lagi.*