Ratusan Peserta Ramaikan MTQ ke-15 Kabupaten Kepulauan Meranti

Ratusan Peserta Ramaikan MTQ ke-15 Kabupaten Kepulauan Meranti

19 September 2024
Pembukaan MTQ ke-15 Kabupaten Kepulauan Meranti

Pembukaan MTQ ke-15 Kabupaten Kepulauan Meranti

RIAU1.COM - Terdapat sebanyak 514 peserta dari 9 kecamatan ikut meramaikan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-15 Kabupaten Kepulauan Meranti. Adapun cabang yang diperlombakan sebanyak 9 cabang ditambah pawai taaruf MTQ. 

Pelaksana tugas Bupati Kepulauan Meranti, H. Asmar, membuka langsung pergelaran itu di Halaman Kantor Bupati, Jalan Dorak Selatpanjang, Rabu (18/9/2024) malam. 

Asmar menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah turut menyukseskan MTQ tersebut.

Dia mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu bacaan, pemahaman, serta pengamalan isi kandungan Al-Qur'an di kalangan umat Islam, khususnya di Kepulauan Meranti. 

"Ini merupakan wujud komitmen pemerintah bersama masyarakat dalam upaya meningkatkan dan memantapkan syariat islam. Disamping bertujuan menjaring dan membina para qari dan qariah berprestasi untuk dapat mengikuti event yang lebih tinggi lagi," ujar Asmar.

Lalu Asmar menjelaskan, pengembangan pendidikan keagamaan termasuk salah satu dari tujuh program strategis pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal itubtidak terlepas juga dari pelaksanaan MTQ yang merupakan agenda tahunan pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya generasi bangsa untuk dapat menunjukkan prestasi terbaiknya di bidang keagamaan. Diharapkan memberikan dampak perilaku sesuai tuntunan Al-Qur'an,"tutur dia.

Asmar mengharapkan pelaksanaan MTQ tahun ini akan melahirkan para qari dan qariah yang berprestasi, sehingga nantinya bisa terbentuk generasi muda yang qur'ani.

"Dengan pelaksanaan MTQ ini, kita juga menginginkan Kepulauan Meranti selalu dalam rahmat dan barokah dari Allah. Sebuah daerah yang jauh dari bencana, dan Allah jadikan masyarakatnya mudah dalam memenuhi nafkah kehidupannya,"sebut Asmar. 

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Kepulauan Meranti, Drs. H. Muhammad Mahdi, menyampaikan MTQ tersebut mengangkat tema, Melalui Momentum Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-15 Tingkat Kabupaten Kepualauan Meranti, Bangkitkan Semangat dan Asa Membangun Negeri Berlandaskan Ridho Illahi.

Adapun cabang-cabang yang diperlombakan dalam MTQ tersebut, yakni;

1. Cabang Tilawatil Qur'an, yang terdiri dari Tilawah Golongan Tartil Qur'an, Tilawah Golongan Anak-anak, Tilawah Golongan Remaja, Tilawah Golongan Dewasa dan Tuna netra, dan Tilawah Golongan Qiroah Saba'ah; 2. Cabang Hiftil Qur'an yang terdiri dari Golongan 1 Juz, Golongan 5 Juz, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, dan Golongan 30 Juz;
3. Cabang Hafalan Hadis yang terdiri dari 100 Hadis dengan Sanat dan 500 Hadis tanpa Sanat;
4. Cabang Tafsir Qur'an yang terdiri dari Tafsir Qur'an Bahasa Indonesia, Tafsir Qur'an Bahasa Inggris, Tafsir Qur'an Bahasa Arab;
5. Cabang Khothil Qur'an terdiri dari Golongan Naskah, Golongan Dekorasi, Golongan hiasan Mushab, Golongan Kontemporer, Golongan Hard Digital;
6. Cabang Fahmil Qur'an;
7. Cabang Sarhil Qur'an;
8. Cabang Karya Tulis Ilmiah Qur'an, dan 
9. Cabang Al Barzanji.*