PT Pelindo Diminta Plt Bupati Meranti Bangun Turap Pantai

PT Pelindo Diminta Plt Bupati Meranti Bangun Turap Pantai

12 Juli 2024
PTPertemuan Plt Bupati Meranti dengan pimpinan Pelindo Regional 1 Tanjung Balai Karimun

PTPertemuan Plt Bupati Meranti dengan pimpinan Pelindo Regional 1 Tanjung Balai Karimun

RIAU1.COM - Kunjungan silaturahmi pimpinan PT Pelindo Wilayah Tanjungbalai Karimun, diterima Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti H. Asmar. 

Kunjungan itu dihadiri General Manager PT Pelindo Regional 1 Tanjung Balai Karimun Yusrizal, Deputy Branch Manager Operasi Henri Nurdinsyah Lubis, dan Manager Operasi Selatpanjang Indra Ardiansah.

Indra Ardiansah, Manager Operasi Selatpanjang, menjelaskan isu yang beredar di sejumlah media tentang pembangunan Pelabuhan Tanjungharapan Selatpanjang. 

Dia menegaskan bahwa meskipun tidak ada plang atau papan nama yang memuat data pekerjaan, pengadaan barang dan jasa telah dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-08/MBU/12/2019 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa BUMN. 

Peraturan tersebut mengatur tata cara pengadaan barang dan jasa yang kemudian diterapkan oleh Direksi PT Pelindo melalui Peraturan Direksi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Nomor HK.01/22/9/2/SPGD/UTMA/PLND-23 Tanggal 22 September 2023.

"Renovasi terminal penumpang telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan direksi PT Pelindo. Kami juga menekankan pentingnya penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang sudah disampaikan kepada kontraktor dan diterapkan di lapangan," tegas Indra. 

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Asmar turut menyampaikan sejumlah harapan terhadap PT Pelindo. Terhadap pemberitaan yang beredar di media tentang pembangunan Pelabuhan Tanjungharapan, Asmar meminta untuk dijadikan bahan koreksi bersama. 

"Itu hal biasa, mari jadikan itu koreksi ke depan. Saya juga meminta semua pihak untuk memberikan dukungan kepada PT Pelindo dalam melaksanakan pembangunan, khususnya pelabuhan yang saat ini sedang dalam progres," ajaknya. 

Asmar juga meminta PT Pelindo untuk ikut membangun Kabupaten Kepulauan Meranti sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang dimiliki. Diantaranya maksimalkan fasilitas yang ada di Pelabuhan Tanjungharapan, seperti ruang tunggu penumpang, ruangan VIP bagi tamu dan fasilitas pendukung lainnya. 

"Kita berharap pelabuhan penumpang yang ada di Selatpanjang ini bisa lebih bagus dan lengkap fasilitasnya. Agar nanti para tamu yang berkunjung ke Meranti bisa nyaman," harapnya. 

Selain itu, dengan kecilnya anggaran yang dimiliki oleh pemerintah daerah, Asmar juga berharap Pelindo bisa membantu pembangunan turap pantai di sekitar Pasar Modern Selatpanjang yang masuk dalam kawasan PT Pelindo. Sekaligus pembangunan jalan masuk menuju Pasar Modern. 

"Kita butuh pengembangan ke arah situ, jika sudah ada turap, nantinya bisa membuka peluang ekonomi masyarakat, termasuk jalan masuk yang akan memudahkan pedagang dan pembeli di Pasar Modern," sebutnya.

Menanggapi hal itu, Branch Manager PT. Pelindo Multi Terminal Branch Tanjung Balai Karimun Yusrizal menjelaskan pihaknya siap membantu Pemkab Kepulauan Meranti dengan sumber daya dan wewenang yang dimiliki Pelindo. 

"Pembangunan pelabuhan saat ini baru tahap pertama. Nanti akan ada tahap kedua untuk menata pintu masuk dan parkiran," terang Yusrizal. 

Terkait harapan pembangunan jalan menuju Pasar Modern yang ada di lahan Pelindo, dia mengatakan Pemkab Meranti bisa memasukkan surat permintaan bantuan CSR. 

"Kita tidak berjanji, tapi ini bisa menjadi jalan dan solusi untuk membangun jalan itu. Sedangkan untuk pembangunan turap di bibir pantai dari pelabuhan hingga di belakang Pasar Modern, kita bisa sama-sama mencari bantuan dengan investor," katanya.