Percepatan Rehabilitasi Mangrove, BRGM Sosialisasi di Meranti

26 September 2024
Pembukaan Sosialisasi BRGM di Meranti

Pembukaan Sosialisasi BRGM di Meranti

RIAU1.COM - Sosialisasi percepatan rehabilitasi mangrove, Mangrove for Coastal Resilience (M4CR), yang dilakukan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), di Selatpanjang, disambut baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.

Dukungan disampaikan Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian Setdakab Kepulauan Meranti, Sudandri Jauzah, saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Sudandri dalam sambutannya menyebut, BRGM merupakan mitra strategis dalam upaya merehabilitasi mangrove yang ada di Kepulauan Meranti. 

"Kegiatan ini merupakan bagian upaya bersama untuk membangun komitmen dan kolaborasi dalam pelestarian lingkungan, khususnya percepatan rehabilitasi mangrove," katanya.

Dia menilai, upaya rehabilitasi mangrove penting dilakukan terutama dalam mengembalikan fungsi hutan mangrove yang mengalami degradasi, kepada kondisi yang dianggap baik dan mampu mengemban fungsi ekologis dan ekonomis.

"Untuk itu, kami berharap semua pihak, mitra pembangunan dan segenap potensi untuk memberikan dukungan bagi kemajuan daerah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti," sebut Sudandri. 

Dia juga mengajak untuk bersinergi, saling bahu membahu, menjaga kelestarian hutan mangrove demi menyukseskan program pemulihan ekonomi nasional. 

Sebelumnya, Kepala Kelompok Kerja Edukasi dan Sosialisasi BRGM, Suwignya Utama, menjelaskan masyarakat merupakan tonggak utama kunci keberhasilan dalam upaya percepatan rehabilitasi mangrove yang dilakukan oleh BRGM.

“Masyarakat menjadi pelaku utama dalam keberhasilan dengan mekanisme swakelola. Hal ini bertujuan agar meningkatkan kesadaran dan pemahaman dalam menjaga serta melestarikan ekosistem mangrove di kalangan masyarakat,” tuturnya.*