Peran Bidan Diakui Pemerintah Kabupaten Meranti

26 Oktober 2024
Logo IBI/Pinterest.com

Logo IBI/Pinterest.com

RIAU1.COM - Plt Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti, M. Mahdi menghadiri peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-73, Sabtu (26/10/2024) di Selatpanjang. 

"Selamat hari jadi kepada seluruh bidan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti. Terima kasih karena telah berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak, program keluarga berencana, dan kesehatan reproduksi serta imunisasi," kata Mahdi. 

Sesuai dengan tema, Peran Bidan dalam Penguatan Sistem Ketahanan Nasional Pada Krisis Iklim melalui Sinergi dan Kolaborasi, tambahnya, merupakan tantangan yang akan menuntut keprofesionalan sebagai bidan dalam menjalankan tugas. 

"Kami yakin setiap tantangan yang ada tentunya tidaklah dijadikan sebagai suatu penghambat untuk maju. Akan tetapi menjadi sebuah peluang bagi para bidan, membentuk karakteristik yang akuntabel," ujarnya. 

Mahdi juga berpesan, IBI sebagai wadah para bidan harus siap mengoptimalkan peran dan kiprahnya untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan. 

"Setidaknya ada tiga hal yang harus didukung oleh para bidan, yakni pengetahuan, keterampilan dan sikap," sebut Mahdi.*