Penghargaan UHC Award Kembali Diraih Pemkab Meranti

Penghargaan UHC Award Kembali Diraih Pemkab Meranti

8 Agustus 2024
Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar di RSUD Meranti

Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar di RSUD Meranti

RIAU1.COM - Penghargaan di Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 kembali diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.
 
Penghargaan kali ini untuk kategori madya dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). 

Penghargaan itu diterima Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, melalui Sekretaris Daerah Bambang Suprianto di The Krakatau Grand Ballroom, TMII, Jakarta Timur, Kamis  (8/8/2024) siang.

Bambang mengaku bersyukur atas penghargaan yang kembali diterima oleh Pemkab Meranti tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan hasil kerja keras berbagai pihak. 

"Alhamdulillah ini kerja keras kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat dalam mewujudkan layanan kesehatan yang inklusif dan merata," kata Bambang. 

Kemudian dia juga mengatakan, Pemkab Kepulauan Meranti akan terus berupaya memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan bagi masyarakat. 

"Ke depan kita akan terus berupaya secara maksimal dan semakin memperkuat posisi, sebagai salah satu daerah dengan layanan kesehatan terbaik di Indonesia," harap Sekda Kepulauan Meranti itu.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Ruriz Akbar PH mengatakan, penghargaan kali ini diberikan kepada 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota yang telah mendaftarkan di atas 98% penduduknya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 

Ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatkan kategori madya, berkat komitmen menjamin pelayanan kesehatan masyarakat melalui program JKN sejak 2019 sampai dengan saat ini. 

"Adapun total peserta JKN di Kepulauan Meranti yang terdaftar di BPJS Kesehatan sebanyak 216.918 pada semester II Tahun 2023, dan 94% dari cakupan tersebut memiliki kepesertaan JKN yang aktif," terangnya.*