Pemuda di Meranti Dapat Ilmu Kesehatan Reproduksi

Pemuda di Meranti Dapat Ilmu Kesehatan Reproduksi

5 September 2024
Edukasi kesehatan reproduksi di Kabupaten Meranti

Edukasi kesehatan reproduksi di Kabupaten Meranti

RIAU1.COM - Guna mencetak penerus masa depan yang baik dan berkualitas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti mengaku terus berkomitmen untuk meningkatkan edukasi kesehatan reproduksi bagi pemuda.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, H. Asmar saat membuka Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Pernikahan Dini yang digelar Pemkab Meranti bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Selatpanjang. 

Asmar mengajak seluruh pihak untuk mengedukasi, memberikan pemahaman kepada kalangan remaja akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Khususnya dalam mencegah kenakalan remaja dengan seks bebas, dan mencegah pernikahan pada usia dini.

"Ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan dan kualitas dari pemuda, hingga generasi yang akan datang," kata Asmar.

Menurut dia, dipandang dari sisi agama telah jauh-jauh hari mengatur tentang adab dalam bergaul. Baik itu di mana, kapan dan terhadap siapa saja sesama remaja.

"Masalah ini harus diketahui sejak dini, baik kaki-laki maupun perempuan. Jadi dijaga kesehatan sehingga perkembangannya baik dan bisa melahirkan keturunan yang baik, sehat dan cerdas," ujarnya. 

Asmar juga berharap para peserta yang mengikuti kegiatan itu, bisa turut berbagi informasi kepada sesama teman, keluarga dan juga masyarakat luas. 

"Seperti yang kita ketahui upaya pencegahan stunting juga erat kaitannya dengan menjaga kesehatan reproduksi sejak dini, di mana para remaja juga harus memahami dampak dari pernikahan usia dini yang berdampak terhadap anak berisiko stunting," jelas Asmar.*