KSOP Selatpanjang Kampanye Keselamatan Pelayaran

22 September 2024
Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar dalam arahannya

Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar dalam arahannya

RIAU1.COM - Kampanye keselamatan pelayaran yang digagas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Selatpanjang diapresiasi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Asmar.

"Kami sangat menyambut baik kampanye keselamatan ini. Semoga semua pihak bisa meningkatkan kesadaran akan keselamatan pelayaran, karena ini tanggung jawab kita bersama," kata Asmar. 

Menurutnya, kampanye keselamatan pelayaran itu sangat pas dengan momentum Hari Perhubungan Nasional yang mengangkat tema transportasi maju nusantara baru. 

"Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor transportasi, termasuk para pengusaha pelayaran dan nelayan di Meranti untuk benar-benar memprioritaskan keselamatan," sebutnya. 

Asmar juga berharap pemberian life jacket oleh KSOP Selatpanjang itu, benar-benar bermanfaat dan semakin meningkatkan kesadaran, untuk menjaga keselamatan dan memastikan setiap perjalanan di laut aman dan nyaman. 

"Saya juga berpesan kepada jajaran KSOP Selatpanjang untuk terus memberikan pelayanan terbaik, serta melakukan pengawasan untuk memastikan terpenuhinya aspek keselamatan pelayaran pada kapal-kapal yang beroperasi di wilayah kerja Pelabuhan Tanjung Harapan," harap Asmar. 

Sementara itu, Kepala KSOP Selatpanjang, Derita Adi Prasetyo, mengatakan pembagian life jacket itu dimaksud untuk meningkatkan keselamatan para nelayan maupun penumpang kempang selama pelayaran. 

"Saya sangat sedih begitu masuk sini, ada kempang yang alat keselamatannya kurang memadai. Jadi saya berfikir bagaimana nasib mereka ini bisa selamat, bila ada sesuatu musibah di laut," katanya.

Untuk itu ia berharap para nelayan dan penumpang kempang bisa bisa menggunakan life jacket jika hendak melaut ataupun menyeberang antar pulau di Kepulauan Meranti. 

"Kita tidak tau keadaan alam bagaimana, dan semoga bantuan ini berlanjut setiap tahun nya. Dalam waktu dekat, kempang-kempang ini mau kami sertifikatkan, biar pemilik kempang nya nyaman, tapi nanti kami rapat dulu," sebut Kepala KSOP Selatpanjang.*