Kapal Muatan Sayur Terbakar di Perairan Meranti

Kapal Muatan Sayur Terbakar di Perairan Meranti

4 September 2024
Kapal yang memuat sayur terbakar di perairan Meranti(Foto tim SAR Kepulauan Meranti)

Kapal yang memuat sayur terbakar di perairan Meranti(Foto tim SAR Kepulauan Meranti)

RIAU1.COM - Satu unit kapal Porti Expres 22 terbakar di Perairan Selat Air Hitam, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti. Akibat peristiwa tersebut, seorang Anak Buah Kapal (ABK) mengalami luka bakar dan harus mendapatkan perawatan intensif.

Berdasarkan keterangan Kepala Basarnas Pekanbaru, Budi Cahyadi dari informasi yang pihaknya dapatkan bahwa pada Senin sore sekira pukul 17.00 WIB. Kapal baru selesai mengisi bahan bakar di Tanjung Mayat, Kecamatan Tebing Tinggi.

“Selanjutnya kapal akan melakukan perjalanan menuju kota Batam Kepulauan Riau, dimana isi kapal tersebut yaitu sayur-sayuran yang di bawa dari Pelabuhan Tanjung Buton Kabupaten Siak,”ujarnya.

Sambung dia, sekira perjalanan 200 Meter ke tengah laut kapal mengalami masalah mati mesin, selanjutnya Captain kapal mencoba untuk menghidupkan kembali. Namun pada saat di starter terjadi percikan api yang mengakibatkan kapal terbakar.

“Selanjutnya Capten kapal dan ABK melompat ke laut untuk menyelamatkan diri,”kata dia.

Karena peristiwa tersebut, seorang ABK atas nama Syahril mengalami luka bakar dan saat ini mendapatkan perawatan di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti. 

“Setelah mendapatkan laporan tersebut, tim Basarnas bersama unsur terkait lainnya melakukan upaya evakuasi dan pemadaman Kebakatan kapal,”tukasnya.*