Abrasi di Rangsang Pesisir, Pjs Bupati: Insyaallah Tahun 2025 Dibangun Pemecah Ombak

16 Oktober 2024
Kunjungan kerja Pjs Bupati Meranti, Roni Rakhmat

Kunjungan kerja Pjs Bupati Meranti, Roni Rakhmat

RIAU1.COM - Kunjungan kerja (Kunker) di Kecamatan Rangsang Pesisir, Rabu (16/10/2024) dilakukan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kepulauan Meranti, Roni Rakhmat.

Kunjungan dimulai dengan melihat progres pembangunan Rumah Dinas Camat di Desa Telesung. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau langsung kondisi SD Negeri 3 yang berada di bibir pantai Desa Telesung yang mengalami dampak abrasi.

Roni menjelaskan bahwa kunjungan itu bertujuan untuk memantau progres sejumlah proyek pemerintah yang sedang dilaksanakan di Kecamatan Rangsang Pesisir.

"Alhamdulillah, ada progres tahun ini untuk pembangunan rumah dinas camat, dan progres  pembangunan tersebut berjalan dengan baik dan lancar," ujar Roni.

Terkait abrasi yang terjadi, Roni Rakhmat mengatakan Pemerintah Kabupaten mengusulkan melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III yang berada di Pekanbaru.

"Insyaallah di tahun 2025, akan dibangun bantuan berupa batu bronjong pemecah ombak untuk  mengantisipasi abrasi ini, sehingga sekolah yang ada bisa diselamatkan," sebut dia.

Sementara itu, Camat Rangsang Pesisir Syaherullah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pjs Bupati, Roni Rakhmat beserta rombongan. 

"Semoga dalam kunjungan ini, Bapak Pjs Bupati bisa melihat langsung kondisi ekstrem SDN 3 Desa Telesung yang berada kurang lebih 30 M dari bibir pantai," ungkapnya.

Syaherullah mengatakan Desa Telesung merupakan wilayah yang berhadapan langsung dengan Selat Melaka, sehingga memiliki tingkat abrasi yang cukup tinggi.

"Abrasi yang terjadi mencapai 8 meter dalam setahun, apalagi nantinya akan memasuki akhir tahun, bulan November dan Desember, di mana ombak cukup tinggi sehingga abrasi yang terjadi juga cukup besar,"sebut dia.*