Pemkab Meranti Akan Berlakukan New Normal Per 1 Juli Mendatang

Pemkab Meranti Akan Berlakukan New Normal Per 1 Juli Mendatang

18 Juni 2020
Pemkab Meranti Akan Berlakukan New Normal Per 1 Juli Mendatang

Pemkab Meranti Akan Berlakukan New Normal Per 1 Juli Mendatang

RIAU1.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti berencana menerapkan Tatanan Kehidupan Baru Ditengah Pandemi Covid-19 "New Normal", pada 1 Juli 2020. 

Demi kelancaran rencana tersebut Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Meranti Irwan, mengintruksikan kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mempersiapkan Draft SOP sesuai perunjuk dari Kementerian dan Pusat.

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi yang dipimpin Bupati Kepulauan Meranti Irwan didampingi Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah, Kapolres Meranti AKBP. Taufik Lukman, dan Sekda Meranti Bambang Supriyanto SE MM, dan dihadiri Forkopimda Kemenag Meranti Agustiar SAg, dan Kepala OPD terkait.

Dalam pertemuan itu, Irwan berharap penerapan New Normal dapat segera diberlakukan namun penyebaran Virus Covid-19 di Meranti tetap dapat dikendalikan. 

"Caranya dengan membuat aturan atau SOP sesuai protokol kesehatan yang diperuntukan kepada masyarakat, kalangan dunia usaha, pengelola rumah ibadah, sektor pariwisata, perhubungan, pasar, sekolah serta kantor pelayanan publik" ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Misri Hasanto, mengatakan, saat ini 14 orang Pasien PDP di Meranti semuanya sudah dinyatakan sembuh, begitu juga 12 orang yang dinyatakan Positif.

"Kita bersyukur saat ini Kabupaten Meranti sudah kembali ke Zona Hijau, semua pasien yang dinyatakan Positif sudah sembuh dan diperbolehkan pulang," jelasnya.

"Karena pada dasarnya selain Desa Bandul semua wilayah di Kepulauan Meranti berada di Zona Hijau. Begitu juga jika melihat proporsi warga dirumah saja pada wilayah kota, indikator fasilitas kesehatan seperti Fentilator, APD di Rumah Sakit dan Puskesmas yang sudah memadai," tambah Misri.

Mengacu pada kondisi itu, Bupati Irwan menyimpulkan jika mengacu pada indikator kesehatan Penerapan New Normal di Meranti sudah dapat dilakukan dan dapat dijadikan rekomendasi bagi Instansi lainnya untuk persiapan New Normal.