Sabtu, 24 Agustus 2019

MERANTI

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Meranti Akan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

news24xx


Kepala Bidang Peternakan DPPKP Meranti, Armizar Abdullah Kepala Bidang Peternakan DPPKP Meranti, Armizar Abdullah

RIAU1.COM - Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 1440 H, Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kabupaten Kepulauan Meranti akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan qurban.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Meranti, Armizar Abdullah mengatakan, sebelum diperiksa kezehatannya, pihaknya akan melakukan pendataan terhadap hewan kurban tersebut.

"Nanti akan kita data dulu oleh tim pendata kita. Setelah itu akan kita lakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban secara fisik, ujar Armizar, Jumat (17/7/2019).



BACA JUGA : Pemkab Meranti Kembali Audiensi Dengan BNPP



Selain pemeriksaan fisik, setelah hewan kurban disembelih tim medis juga akan kembali memeriksa kesehatan hewan kurban, terutama hati sapi. Hal ini untuk memastikan daging dan hati sapi kurban benar-benar sehat, tidak berpenyakit dan tidak mengandung cacing pita.

"Setelah disembelih untuk mengetahui hewan ini berpenyakit atau tidak, nanti kita periksa lagi. Apa hatinya bercacing atau tidak, kalau hatinya bercacing itu hatinya tidak boleh dikonsumsi, tapi dagingnya boleh" terangnya.



BACA JUGA : Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah PNS Meranti Dibuka



Untuk waktu pemeriksaan, Armizar menuturkan akan dilakukan apabila sudah mendekati hari H. Nantinya pihaknya akan menurunkan tim medis dan paramedis untuk turun ke lapangan dan melakukan pemeriksaan.

"Sekarang belum, nanti mendekati hari H kita akan turunkan tim medis dan paramedis untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban. Nanti tim kita akan turun ke mesjid-mesjid, kelapangan, kesekolah-sekolah atau lokasi penyembelihan hewan kurban lainnya untuk memeriksa kesehatan fisik dan nonfisik hewan-hewan itu" katanya.