Gelombang Kuat, Dermaga Tanjung Samak Ambruk

Gelombang Kuat, Dermaga Tanjung Samak Ambruk

14 Juni 2019
Kondisi Pelabuhan Tanjung Samak

Kondisi Pelabuhan Tanjung Samak

RIAU1.COM - Sebuah ponton di pelabuhan Tanjung Samak Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti terlepas dari dermaga, pada Kamis 13 Juni 2019 sekira pukul 16.00 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepulauan Meranti Aready, mengatakan ambruknya dermaga tersebut akibat gelombang laut yang cukup kuat.

"Memang benar, namun yang ambruk adalah tiang penyangga ponton akibat hantaman arus gelombang yang cukup kuat. Hal ini menyebabkan ponton pelabuhan lepas serta rumdoor ambruk," terangnya.



Aready mengatakan, memang di daerah tersebut memiliki arus yang cukup kuat, karena merupakan tempat bertemunya tiga arus laut. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. "Tidak ada korban jiwa," ucapnya.

Meski demikian, ia menjelaskan akibat insiden yang terjadi, saat ini aktivitas di pelabuhan tersebut dipindahkan ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk sementara waktu, yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan.

"Dan Sementara aktifitas pelabuhan kita pindahkan ke Pelabuhan TPI," ungkapnya.



Sebelum insiden tersebut terjadi, dijelaskan Aready bahwa pihaknya saat meninjau kelokasi pada 10 Juni 2019 lalu, sudah memerintahkan Kepala UPTD Pelabuhan Rangsang agar menghentikan aktifitas turun atau naik penumpang diponton tersebut.

"Kita sudah lihat kondisi Pelabuhan tersebut sangat memprihatinkan, untuk itu waktu pada saat peninjauan kita minta agar menghentikan aktifitas di Pelabuhan tersebut, serta memindahkan aktifitas di pelabuhan sementara," terangnya.