Jumlah DPT Meranti Bertambah 194 Pemilih

Jumlah DPT Meranti Bertambah 194 Pemilih

17 Februari 2019
Ketua KPU Meranti-Abu Hamid

Ketua KPU Meranti-Abu Hamid

RIAU1.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 sebanyak 143.773 orang pemilih. Jumlah ini bertambah setelah adanya penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) sebanyak 194 orang.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid saat dikonfirmasi Riau1.com melalui pesan Whatsapp. Ia mengatakan memang ada tambahan, dimana jumlah DPTb terbanyak didominasi oleh Kecamatan Tebing Tinggi Barat.



"Jumlah DPT saat ini 143.773 pemilih. Karena ada tambahan. Paling banyak pemilih tambahan dari kecamatan Tebing Tinggi barat, 107 orang" ujar Abu Hamid, Minggu (17/2/2019).

Menurut Hamid, pemilih tambahan difungsikan untuk mengakomodir bagi pemilih yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya di daerah asal karena alasan yang dibolehkan oleh peraturan.

"Seperti pindah domisili, melaksanakan tugas diluar daerah pada hari H, orang yang bekerja di luar daerah, orang sakiti yang dirawat di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang menjaganya juga pemilih yang sedang menjalani hukuman di rumah tahanan" terangnya.



Untuk itu, lanjutnya "pendataan pemilih tambahan perlu dilakukan dengan akurat, karena hal ini mempengaruhi ketersediaan surat suara. Karena kita mengantisipasi jangan sampai terjadi kekurangan surat suara" tambahnya lagi.

Diketahui, sebelumnya jumlah DPT di Kabupaten Meranti berjumlah 143.579 pemilih. Setelah adanya tambahan maka jumlah DPT Meranti berjumlah 143.773 orang pemilih. Sedangkan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) sebanyak 655 TPS yang tersebar di sembilan Kecamatan di Kabupaten Meranti.