Hotel dan Penginapan di Selatpanjang Dihimbau Lakukan Pendataan Wisatawan Asing

7 Februari 2019
Kedangan Wisatawan di Pelabuhan Tanjung Harapan

Kedangan Wisatawan di Pelabuhan Tanjung Harapan

RIAU1.COM - Selama perayaan Imlek, jumlah wisatawan asing yang masuk ke Selatpanjang meningkat. Namun, jumlah data wisatawan asing yang masuk ke kantor Imigrasi Selatpanjang masih minim. Untuk itu, pihak Imigrasi menghimbau kepada pihak penginapan untuk mendaftarkan para wisatawan asing agar terdaftar dalam data imigrasi.

Kepala Imigrasi Selatpanjang, Maryana mengatakan, untuk mendata para wisatawan asing yang masuk dari pelabuhan domestik seperti Pekanbaru dan Batam, ia meminta kepada para pihak hotel dan penginapan agar mendata para wisatawan asing melalui aplikasi online yang telah disediakan ataupun melaporkannya kepada pihak Imigrasi.



"Kalau untuk pendataan, kita sudah instruksikan kepada penginapan, hotel ataupun wisma bahkan rumah kos-kosan dan kontrakan yang ada wisatawan asing agar melakukan pendataan dan mendaftarkannya melalui aplikasi online. Atau bisa juga melapor ke imigrasi" terangnya kepada Riau1.com Kamis (7/2/2019).

Maryana juga mengatakan, kebanyakan warga asing datang ke Indonesia melalui Malaysia dan Pelabuhan domestik selatpanjang.



"Kalau kita bicara orang asing mereka datang ke Indonesia dalam rangka wisata, dalam rangka imlek mereka datang kesini melalui Malaysia ada juga dari tempat lain seperti melalui Batam, Tanjung Balai ataupun dari Pekanbaru" ujar Maryana.

Namun, lanjut Maryana, "Jika para wisatawan dan pihak hotel kesulitan mendaftar melalui online, petugas kita juga datang kesana untuk melakukan pendataan dan membatu pendataan via online. Kita akan selalu membantu dan kita arahkan" tambahnya.