Tes CPNS Satpol PP Pemkab Kuansing untuk Lulusan SMA

Tes CPNS Satpol PP Pemkab Kuansing untuk Lulusan SMA

23 Agustus 2024
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) telah mengumumkan membuka untuk 200 formasi. Terdapat dua formasi jabatan fungsional yang dibuka oleh Pemkab setempat.

Pengumuman tersebut disiarkan melalui surat pengumuman yakni, Nomor 800/PANSELDA-CASN/2024/. Adapun kualifikasi kebutuhan CPNS Pemkab Kuansing 2024 terbuka untuk lulusan, SMA/SMK, D-III, D-IV, dan S1. 

Adapun 200 formasi CPNS Kabupaten Kuansing ini terdiri dari 25 formasi untuk alokasi tenaga kesehatan. Serta 175 alokasi untuk tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dam Pelatihan (BKPP) Kuansing, Mardansyah menyebut, dari 175 kuota tenaga teknis itu, ada peruntukan lulusan SMA sederajat. Mereka ditempatkan untuk Satpol PP sebanyak 17 orang. Serta pelamar khusus untuk penyandang disabilitas.

"Iya, kita telah menerima SK Formasi CPNS Tahun 2024 dengan jumlah 200 Formasi yang terdiri dari 25 formasi untuk alokasi tenaga kesehatan dan 175 formasi untuk alokasi tenaga teknis,"kata Kaban BKPP Kuansing, Mardansyah.

"Dari 200 formasi yang kita terima itu, ada 17 (tujuh belas) formasi yang bisa dilamar dengan kualifikasi pendidikan SMA pada unit penempatan Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan,"sambung dia.

Selain itu, lanjutnya lagi menjelaskan, bahwa ada 2 persen untuk penyandang disabilitas. 

"Artinya dari 200 formasi tersebut ada 4 formasi yang bisa dilamar oleh penyandang disabilitas pada jabatan administrasi, kemudian setiap unit penempatan OPD dan Kantor Camat juga mendapat porsi formasi," jelasnya.

Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pendukung lainnya dilakukan secara online melalui laman http://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Kependudukan (KTP) Elektronik atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Pelamar dapat melakukan proses pembubuhan e-meterai pada laman https://sscasn.bkn.go.id atau https://meterai-elektronik.com. Tutorial pembelian dan pembubuhan e-meterai dapat dilihat pada laman https://www.youtube.com/watch?v=BiIEWpV6Ets.

Persyaratan umum, warga Negara Indonesia dengan batas usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar CPNS. Untuk usia paling tinggi 40 tahun pada saat melamar untuk jabatan dokter dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis.

"Untuk pengumuman seleksi, 19 Agustus sampai 2 September. Pendaftaran seleksi 20 Agustus sampai 6 September. Lalu, seleksi administrasi 20 Agustus sampai 13 September. Pengumuman hasil seleksi administrasi 14 sampai 17 September,"tukasnya.*