Siswa MAN 1 Kuantan Singingi Raih Medali Emas di Ajang Internasional

27 September 2024
Young Scientist Association (IYSA) dan Special Awards for IYSA Malaysia 2024

Young Scientist Association (IYSA) dan Special Awards for IYSA Malaysia 2024

RIAU1.COM - Siswa-siswi MAN 1 Kuantan Singingi berhasil meraih medali emas dalam ajang Internasional Young Scientist Association (IYSA) dan Special Awards for IYSA Malaysia 2024.

Kompetisi ilmiah bergengsi ini mempertemukan para peneliti muda dari berbagai negara, dan tim dari MAN 1 Kuantan Singingi sukses mencuri perhatian dunia dengan inovasi luar biasa mereka.

Tim Riset MAN 1 Kuantan Singingi kembali mengikuti World Invention Competition and Exhibition (WICE) pada International Young Scientist Assosiation (IYSA) di Mahsa University, Malaysia . Perhelatan Akbar ini di laksanakan pada tanggal 20-26 September 2024. 

Hal tersebut disampaikan Kepala MAN 1 Kuantan Singingi, H. Suhelmon dan menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian yang diraih.

“Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi madrasah, tetapi juga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," kata dia.

Lalu dia menjelaskan, bahwa dengan prestasi ini membuktikan bahwa siswa-siswi madrasah mampu bersaing di level global dengan ide-ide inovatif yang mereka miliki. 

“Tahniah untuk ananda Tim Riset GLYCOTES dan Pembimbing yang telah berjuang bersama 15 Negara lainya. Terimakasih kita ucapkan kepada TIM Riset yang telah memberikan kembali Gold Medal untuk MAN 1 Kuantan Singingi diajang Kompetisi Internasional Sains yang bergengsi ini teruslah mengukir prestasi jangan pernah lelah untuk mencari dan menggali ilmu,” paparnya.

Dia menjelaskan, tim riset MAN 1 Kuantan Singingi membawakan Inovasinya berupa Penelitian yang diberi nama GLYCOTES yang merupakan teh herbal yang terbuat dari daun meniran dan daun rambutan sebagai kandidat Diabetes Melitus Tipe 2, hasil penelitian dari Arsya Amalia, Shayna Azzalia Dafina, Muhammad Dzaki Yafii Rakata, dan Saddanur Fiko Fahlefi dibawah bimbingan Nurfi Hikmah.

Kompetisi IYSA 2024 sendiri diikuti oleh tim dari berbagai negara seperti : Indonesia, Bangladesh, Belarus, Vietnam, India, Turkey, United Arab Emirates, South Korea, Thailand, Unites States America, Kazakhtan, Turkmenistan, South Africa, Malaysia, Mexico. 

"Kemenangan ini menunjukkan kualitas pendidikan dan riset di MAN 1 Kuantan Singingi yang sudah bertaraf internasional. Para siswa yang tergabung dalam tim riset ini telah melalui proses pembimbingan intensif dari guru-guru terbaik, serta mendapatkan dukungan penuh dari pihak sekolah dan orang tua,"tukasnya.*