Ramah Tamah dengan FDKKS, Bupati Kuansing Sampaikan Pentingnya Budaya Pacu Jalur

Ramah Tamah dengan FDKKS, Bupati Kuansing Sampaikan Pentingnya Budaya Pacu Jalur

25 Agustus 2024
Ramah Tamah Bupati Kuansing dengan FDKKS

Ramah Tamah Bupati Kuansing dengan FDKKS

RIAU1.COM - Ramah tamah dengan Forum Diskusi Keluarga Kuantan Singingi (FDKKS) Indonesia dengan tema Memelihara Sungai Merawat Budaya Pacu Jalur, Ahad (25/08) pagi digelar Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing.

Pada kesempatan itu, Arman L Wisnu selaku ketua pelaksana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kuansing Suhardiman Amby yang telah memberikan ruang kepada FDKKS untuk dapat  menggelar temu ramah dan diskusi tentang Lingkungan, demi menjaga tradisi Pacu Jalur di Kuansing.

Dikesempatan yang sama Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengatakan bahwa Pacu Jalur ini sudah berumur satu abad lebih, merupakan warisan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi. 

"Sebagai upaya dalam merawat budaya Pacu Jalur ini, tentu kita perlu juga menjaga arena atau Sungai Batang Kuantan agar tetap bersih selalu,"kata dia.

"Pemerintah Daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup sudah melakukan langkah konkret berupa himbauan kepada masyarakat, agar selama perhelatan bisa tercipta Pacu Jalur minim sampah," sambung Bupati Kuansing.

Ia juga berharap melalui forum diskusi ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, terutama terhadap sungai dan hutan. 

"Salah satu cara agar Pacu Jalur ini tetap bertahan harus dilakukan dengan merawat sungai sebagai arena dan menjaga hutan sebagai penyedia bahan untuk Jalur," tutur dia.*