Program Integrasi Layanan Primer Mulai Digulirkan di Kuansing

Program Integrasi Layanan Primer Mulai Digulirkan di Kuansing

21 September 2024
Peluncuran program Integrasi Layanan Primer di Kuansing

Peluncuran program Integrasi Layanan Primer di Kuansing

RIAU1.COM - Bagian dari upaya memperkuat layanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) meresmikan program Integrasi Layanan Primer (ILP) di Puskesmas Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik.

Peluncuran tersebut dipimpin oleh Bupati Kuansing, Dr. H. Suhardiman Amby, didampingi oleh Staf Ahli, Asisten, seluruh Kepala Perangkat Daerah, serta para pejabat eselon III dan IV asal Kuantan Mudik.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengatakan bahwa program Integrasi Layanan Primer ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan kesehatan dasar yang lebih terstruktur dan terintegrasi.

"Program ini merupakan bagian dari visi besar Pemerintah Kabupaten Kuansing untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat di seluruh fasilitas kesehatan primer, seperti puskesmas dan klinik yang tersebar di Kuansing," kata Bupati Kuansing.

Menurutnya, layanan primer yang terintegrasi sangat penting dalam mendukung pencapaian derajat kesehatan agar lebih baik.

"Saat ini, Pemkab Kuansing telah menyediakan layanan berobat gratis melalui program UHC, jemput antar melahirkan atau Jamela, pelayanan kesehatan ke rumah atau Home Care, dan pelayanan ambulans 24 jam atau PSC 119, serta layanan cuci darah di RSUD Teluk Kuantan," jelasnya.

Suhardiman Amby berharap dengan adanya ILP, pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat lebih efisien, cepat, dan menyeluruh.

"Tujuannya agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan mengadopsi teknologi seperti pendaftaran online dan sistem informasi kesehatan terintegrasi," pungkasnya.

Puskesmas Lubuk Jambi dipilih sebagai lokasi percontohan untuk pelaksanaan program ILP ini, karena telah menjalani proses peningkatan sarana dan prasarana, penguatan sistem manajemen serta penambahan tenaga kesehatan.*