Pjs Bupati Kuansing Sebut Pelayanan Kesehatan Difokuskan pada Pencegahan

16 Oktober 2024
Pjs Bupati Kuansing, Sri Sadono tinjau Posyandu Asoka 2, di Desa Simpang Raya

Pjs Bupati Kuansing, Sri Sadono tinjau Posyandu Asoka 2, di Desa Simpang Raya

RIAU1.COM - Peninjauan Posyandu Asoka 2, di Desa Simpang Raya, Kecamatan Singingi Hilir dilakukan Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) drg. Sri Sadono Mulyanto.

Pjs Bupati, Sri Sadono Mulyanto menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan yang difokuskan pada pencegahan merupakan transformasi kesehatan pada pilar pertama, yaitu transformasi layanan primer yang berlangsung di Puskesmas dan Posyandu.

"Saat ini kita juga sedang melakukan revitalisasi Posyandu, supaya fokus kedepannya lebih banyak menjaga orang agar tetap sehat, bukan mengobati orang yang sakit,” kata Pjs Bupati di sela kunjungannya.

Pjs. Bupati juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program layanan primer, karena sekarang bukan hanya balita dan ibu hamil yang bisa menikmati layanan Posyandu, melainkan seluruh masyarakat.

"Paling tidak, masyarakat dapat melakukan cek tensi atau cek gula, karena dari dua hal dasar ini kita bisa mencegah penyakit yang membahayakan di kemudian hari," jelasnya.

Sambung dia menyampaikan, ke depan wacana dari Kemenkes, setiap orang dapat melakukan medical check-up pada hari ulang tahun masing-masing. "Hal ini bertujuan pada deteksi dini dan pencegahan," tutupnya.*