Peserta Pacu Jalur di Topian Tigo Muaro Inuman Meningkat Drastis

Peserta Pacu Jalur di Topian Tigo Muaro Inuman Meningkat Drastis

7 Juli 2024
Pembukaan Pacu Jalur di Kecamatan Inuman

Pembukaan Pacu Jalur di Kecamatan Inuman

RIAU1.COM - Event pacu jalur di Topian Tigo Muaro Kecamatan Inuman akhir pekan ini dibuka Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby.

Event Pacu Jalur Kecamatan Inuman akan berlangsung dari tanggal 6-8 Juli 2024 di Topian 3 Muaro.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam arahannya berharap agar pelestarian budaya Pacu Jalur di Kuansing terus meningkat, baik itu partisipasi jalurnya dan kunjungan masyarakatnya.

"Pacu Jalur di Kecamatan Inuman ini dahulunya hanya 20 jalur yang berpartisipasi. Namun pada tahun ini sudah meningkat dua kali lipat, yakni sebanyak 56 jalur. Hal ini merupakan bentuk kecintaan masyarakat terhadap budaya Pacu Jalur semakin meningkat,"kata Bupati Kuansing.

Dia juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini dirancang untuk melestarikan budaya yang sangat fenomenal di Kuansing yakni Pacu Jalur, dengan harapan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk berkunjung dan melihatnya secara langsung.

"Di samping melestarikan budaya, kita berharap meningkatnya animo masyarakat terhadap budaya Pacu Jalur. Semakin ramai orang yang berkunjung maka akan berpengaruh pada peningkatan perekonomian masyarakat," ujarnya.*