Pelestarian Budaya di Rangkaian HUT ke-25 Kabupaten Kuansing

12 Oktober 2024
Pembukaan rangkaian HUT Kuansing ke-25

Pembukaan rangkaian HUT Kuansing ke-25

RIAU1.COM - Acara pembukaan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) di Taman Jalur Teluk Kuantan, dihadiri Penjabat sementara (Pjs) Bupati, drg Sri Sadono Mulyanto.

Rangakaian agenda tersebut terdiri dari, Festival Tari Persembahan, Lagu Melayu, Rarak Godang, Batik Kuansing Karnival, dan Car Free Night yang akan berlangsung selama 3 hari.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Kuansing, Sri Sadono Mulyanto menyampaikan bahwa pengembangan kebudayaan daerah merupakan salah satu usaha dalam merespon pola pembangunan Riau. 

"Tujuan yang hendak dicapai pada bidang kebudayaan adalah menjadikan Riau sebagai pusat pengembangan budaya Melayu di kawasan ASEAN,"kata dia.

Pjs Bupati juga berharap melalui kegiatan ini dapat merespon kembali semangat dan keinginan masyarakat untuk mencintai seni dan budaya, sehingga perkembangan dan pelestariannya akan mampu memberikan kontribusi yang positif di dalam kehidupan masyarakat Kuansing.

"Melihat perkembangan zaman saat ini, banyak nilai-nilai seni dan budaya yang sudah mulai ditinggalkan dan terbenam. Saya berharap hendaknya Dewan Kesenian Kecamatan turut ambil bagian dalam pembinaan dan pelestarian seni budaya di Kuansing sehingga lahir seniman-seniman yang handal di Kuansing,"sebut dia.*