Pacu Jalur Perdana 2024 di Kuansing Digelar

Pacu Jalur Perdana 2024 di Kuansing Digelar

1 Juni 2024
Festival Pacu Jalur Kecamatan Gunung Toar

Festival Pacu Jalur Kecamatan Gunung Toar

RIAU1.COM - Festival Pacu Jalur Kecamatan Gunung Toar, di Tepian Desa Lubuk Terentang, akhir pekan ini dibuka Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby.

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby dalam sambutannya mengatakan bahwa budaya Pacu Jalur yang sudah masuk top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) dan diharapakan dapat menjadi momentum menggerakkan perekonomian bagi masyarakat Kuansing. 

Sebut dia, hal itu menjadi tujuan dari pemerintah daerah untuk mengadakan pacu jalur di setiap rayon atau Kecamatan. Selain itu juga sembari mempromosikan keunikan pacu jalur sehingga menjadi trending topik bagi wisatawan lokal maupun luar. 

“Saya berharap festival Pacu jalur mampu menggerakkan roda masyarakat, khususnya Gunung Toar,"sebut dia.

Sementara itu, Camat Gunung Toar, Erdison, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada bupati dan dukungan semua pihak atas terselenggaranya festival Pacu Jalur di Tepian Pantai Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar (Guntor). 

“Terimakasih pak Bupati dengan telah dipercayanya Gunung Toar menjadi penyelenggara perdana diadakannya festival pacu jalur. Semoga sesuai dengan harapan Bupati tadi, masyarakat Guntor dapat merasakan percepatan perputaran ekonomi pada festival Pacu Jalur Guntor ini," pungkasnya. 

Sementara pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pacu Jalur, Martiaz mengatakan bahwa total hadiah di festival Pacu Jalur Gunung Toar sebesar Rp 87.500.00, diikuti oleh 60 jalur.*