Mengurangi Risiko Dampak Bencana, Pemkab Kuansing Gelar Apel Siaga

9 Agustus 2024
Apel Gladi Kesiapsiagaan terhadap Bencana Kabupaten Kuantan Singingi

Apel Gladi Kesiapsiagaan terhadap Bencana Kabupaten Kuantan Singingi

RIAU1.COM - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kuantan Singingi dr. H. Fahdiansyah, memimpin Apel Gladi Kesiapsiagaan terhadap Bencana Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2024.

Apel gladi tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Kuansing beserta Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, Camat dan Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, di Lapangan Panahan Sport Center Teluk Kuantan.

"Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama untuk memberikan rasa aman dalam upaya mengurangi resiko, terutama pada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana,"kata Pj Sekda.

Kegiatan apel gladi diawali dengan pemeriksaan terhadap setiap pasukan dari berbagai instansi untuk melihat kesiapan personel terhadap penanggulangan bencana di Kuansing.

Pada kesempatan itu, Pj Sekda mengatakan bahwa bencana alam merupakan sesuatu hal yang sulit diprediksi, sehingga Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Pemkab Kuansing) perlu bersinergi dengan seluruh elemen dalam menghadapi dan mempersiapkan kewaspadaan akan bencana.

"Sebagai langkah konsolidasi, semua komponen baik itu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat mengikuti apel gladi dalam Kesiapsiagaan terhadap Bencana di Kuansing," pungkasnya.

Sambungnya, kesiapsiagaan merupakan tanggungjawab semua lintas sektor dalam menghadapi dan mengantisipasi terjadinya potensi bencana, salah satunya ialah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang sering terjadi pada musim kemarau seperti pada saat ini.

"Perlunya kesiapsiagaan ini bermula dari adanya kebakaran di beberapa titik. Meskipun statusnya belum siaga karhutla, tapi seluruh komponen yang terlibat dalam kesiapsiagaan perlu dipersiapkan. Maka dari itu, seluruh aparat perlu bersiap untuk turun ke lapangan, sesuai dengan fungsinya masing-masing,"tukasnya.*