Kuansing Satu-satunya Kabupaten di Riau yang Belum Miliki Program Layak Anak

Kuansing Satu-satunya Kabupaten di Riau yang Belum Miliki Program Layak Anak

20 Februari 2023
Bimbingan Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kuansing

Bimbingan Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kuansing

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kuantan Singingi H. Dedi Sambudy mengatakan, Kabupaten Kuantan Singingi harus menuju Kabupaten atau kota layak anak. 

"Maka salah satu indikator Kabupaten tersebut harus memiliki sekolah ramah anak, sebab sekolah merupakan madrasah kedua setelah rumah tangga yang harus memberikan keramahan kepada anak. Untuk mewujudkan hal tersebut harus ada sekolah yang menjadi role model ramah anak di Kabupaten Kuantan Singingi," kata Dedi di acara Bimbingan Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) belum lama ini.

Menurut H. Dedi, hak anak ini sudah dijamin oleh Undang-undang khusus bidang Pendidikan sudah diatur dalam pasal 28 C UUD 1945 dimana disebutkan.

"Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui kebutuhan dasar, kemudian secara operasional diatur dalam UU no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Sekolah mempunyai kewajiban menjamin keberadaan anak dilembaga tidak mendapatkan intimidasi, Bullying psikologis, menghindari adanya penghinaan, ejekan, menyakiti perasaan dan lain sebagainya," papar Sekda Dedi lagi.

Lebih jauh Sekda juga menyampaikan, Kuansing satu-satunya Kabupaten di Provinsi Riau yang belum menetapkan program layak anak,"pemerintah harus lebih fokus dalam program tersebut," ujar dia.

Pemerintah, sambung Dedi juga akan terus melirik progres perkembangan anak di Kuansing, serta perlindungan untuk anak. 

"Karena anak adalah cerminan masa depan untuk bangsa khususnya Kabupaten Kuantan Singingi," tutur dia.

Sementara Kadia P2KB Kuansing, Rustam bertekad, agar Kuansing bisa menjadi kota layak anak. 

"Tahun 2022 lalu peringkat kita sangat jauh, dan mudah mudahan dengan berbagai langkah sebagaimana arahan pimpinan serta provinsi Riau, kita akan perbaiki peringkat tersebut," sebut Rustam.*