Kuansing Kabupaten Pertama Dapat Program Pabrik Mini Minyak Goreng dari BPDPKS

17 Oktober 2024
Pjs Bupati Kuansing, Sri Sadono tinjau PAMIGO KUD Tupan Tri Bakti di Singingi Hilir

Pjs Bupati Kuansing, Sri Sadono tinjau PAMIGO KUD Tupan Tri Bakti di Singingi Hilir

RIAU1.COM - Pabrik Mini Minyak Goreng (PAMIGO) KUD Tupan Tri Bakti, di Desa Simpang Raya, Kecamatan Singingi Hilir, dikunjungi Penjabat sementara (Pjs) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) drg. Sri Sadono Mulyanto.

Pada kegiatan tersebut, Ketua KUD Tupan Tri Bakti, Abdul Sobur Hamdan menjelaskan bahwa produk yang dihasilkan dari pabrik PAMIGO, yaitu CPO, minyak merah, minyak goreng, bahan baku mentega, dan bahan baku sabun.

Ia juga mengharapkan dukungan penuh dari pemerintah, karena masih banyak kekurangan, mulai dari alat kemasan hingga alat cetakan untuk sabun.

Pjs. Bupati, Sri Sadono Mulyanto menyampaikan bahwa PAMIGO ini merupakan program pemerintah untuk hilirisasi kelapa sawit. Kuansing merupakan Kabupaten pertama yang mendapatkan PAMIGO di Indonesia sebagai program Nasional dari BPDPKS.

"PAMIGO dirancang untuk menghasilkan produk berkualitas dari kelapa sawit. Program hilirisasi sawit ini diharapkan segera bisa berproduksi maksimal, memberikan manfaat ekonomi bagi petani, menghasilkan produk unggulan, dapat memenuhi pasar di Kuansing khususnya, dan Riau," ujar Pjs Bupati.

"Peninjauan ini dilakukan untuk melihat secara langsung apa saja kekurangannya agar segera bisa diselesaikan. Tadi sudah kita lihat bagaimana produknya, tinggal lagi bagaimana kemasannya dan beberapa perizinan yang sedang digesa, sekaligus menunggu proses SNI, sehingga produk yang dihasilkan sesuai SNI nantinya," sambungnya.

Sementara, Pj Sekretaris Daerah menanggapi apa yang disampaikan oleh Ketua KUD mengenai kekurangan alat. “Apa yang sudah kita mulai, akan kita tuntaskan. Untuk memaksimalkan PAMIGO, pemerintah siap mendukung agar semua produk dapat dipasarkan,” sebut dia.*