Kemeriahan Batik Kuansing Carnival

13 Oktober 2024
Car Free Night, Batik Kuansing Carnival

Car Free Night, Batik Kuansing Carnival

RIAU1.COM - Car Free Night, Batik Kuansing Carnival (BKC), di Taman Jalur Teluk Kuantan, dilepas Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) drg. Sri Sadono Mulyanto.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Jadi ke-25 Kabupaten Kuantan Singingi. 

Batik Kuansing Carnival tahun 2024 mengangkat tema Melalui Batik Daerah Kita Kembangkan Jiwa Seni Budaya dan Tradisi Kearifan Lokal Berkelanjutan.

Terdapat berbagai corak Batik Kuansing yang dikenakan peserta, seperti Perahu Beganduang, Pengayuah, Mandulang Ome, dan beberapa icon khas Kuansing lainnya.

Pjs Bupati, Sri Sadono Mulyanto dalam arahannya mengapresiasi kreativitas yang ditunjukkan oleh para peserta melalui kegiatan yang luar biasa ini. Ia juga menegaskan bahwa batik Kuansing merupakan bagian dari identitas budaya masyarakat yang harus terus dilestarikan agar tidak hilang oleh perkembangan zaman.

“Acara ini sangat kreatif dan terlihat jelas betapa kayanya budaya dan adat istiadat masyarakat Kuansing. Harapan kami, batik Kuansing dapat terus dikembangkan dan dilestarikan, agar bisa meregenerasi, meningkatkan perekonomian masyarakat serta bisa bersaing dengan motif batik dari daerah lain,” ujar Pjs Bupati.

Suasana semakin meriah saat diumumkannya para pemenang Batik Kuansing Carnaval (BKC). Keluar sebagai juara pertama yaitu Setda Kuansing, juara kedua Sekretariat DPRD Kuansing, dan juara ketiga Bapenda Kuansing. 

Sementara, untuk kategori desainer terbaik diraih oleh Kecamatan Kuantan Mudik, tim dengan atribut terfavorit diraih oleh Polres Kuansing, dan penampilan terbaik diraih oleh BPKAD Kuansing.*