Kejuaraan Olahraga Tradisional di Kuansing Diramaikan Ratusan Peserta

Kejuaraan Olahraga Tradisional di Kuansing Diramaikan Ratusan Peserta

14 Agustus 2024
Pembukaan Kejuaraan Tradisional di Kuansing

Pembukaan Kejuaraan Tradisional di Kuansing

RIAU1.COM - Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kuansing, H. Maisir membuka Kejuaraan Olahraga Tradisional, di Sport Center Teluk Kuantan pekan ini.

Kejuaraan olahraga tradisional itu ditaja oleh Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kuansing, dengan mempertandingkan lima cabang olahraga, diantaranya, cabang hadang putri, tarik tambang, dagongan, gasing dan seluncur pelepah enau. 

Sebanyak 500 orang peserta, baik umum maupun pelajar dari SMA/Sederajat mengikuti kejuaraan tersebut.

Pada kesempatan itu Ketua KORMI Kuansing Gusmir Indra menyampaikan, tujuan digelarnya Kejuaraan Olahraga Tradisional ini untuk melestarikan kembali olahraga tradisional yang saat ini hampir menghilang dikalangan masyarakat.

"Olahraga tradisional saat ini sudah hampir menghilang di kalangan masyarakat, maka perlu kita lestarikan. KORMI berharap, kejuaraan olahraga tradisional ini dapat melahirkan generasi bangsa yang sehat rohani dan jasmani, serta untuk menjaring Atlet-atlet yang akan diterjunkan pada kejuaraan olahraga tradisional tingkat Provinsi,"kata Gusmir Indra.

Sementara itu, Asisten II Setda Kuansing Maisir mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Pemkab Kuansing) berkomitmen untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

"Kuansing kaya akan olahraga tradisional, kita harapkan dengan hadirnya KORMI dapat mengangkat olahraga tradisional agar kembali digemari oleh masyarakat, sehingga masyarakat Kuansing yang sehat dan cerdas bisa terwujud,"sebut dia.

"Saya berharap dengan banyaknya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Kuansing. Selain itu, diharapkan juga semakin banyak turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Kuansing dengan maraknya ekspose dari Media Sosial," demikian H. Maisir.*