Ini Syaratnya Kuansing Bisa Swasembada Pangan Menurut Bupati Suhardiman Amby

Ini Syaratnya Kuansing Bisa Swasembada Pangan Menurut Bupati Suhardiman Amby

31 Mei 2024
Panen Raya Padi di Desa Kinali Kuantan Mudik

Panen Raya Padi di Desa Kinali Kuantan Mudik

RIAU1.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby, mengatakan peningkatan indeks pertanaman (IP) merupakan target utama dalam meningkatkan produksi padi bagi pemenuhan kebutuhan pangan, sehingga nantinya Kabupaten Kuansing mampu swasembada pangan.

Hal itu disampaikan Suhardiman Amby saat menghadiri panen raya padi indeks pertanaman (IP) 200 sekaligus audiensi di Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik, Kamis (30/05).

"Saya optimis jika semua masyarakat bersatu dan berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian, maka Kuansing akan bisa mencapai target swasembada pangan," kata Suhardiman Amby.

Melalui Panen IP 200 ini, sambung dia, akan berguna untuk mengetahui apakah bisa menghasilkan varietas padi yang unggul. Ia juga meminta kepada dinas terkait dan PPL untuk terus mengawasi varietas pada ini agar menghasilkan panen yang maksimal.

"Luas lahan di Desa Kinali ini 156 hektare. Prospek kedepannya, Kinali harus mampu mengejar panen IP 300 agar bisa mencapai swasembada pangan bagi Kuansing, terkhusus untuk masyarakat Kinali. Kepada Dinas terkait dan PPL terus awasi pelaksanaan ini agar dapat menghasilkan varietas padi yang unggul, umur panen lebih pendek dan produktivitas tinggi," pungkasnya.

Selain panen raya padi, pihaknya juga menggelar audiensi dan menanggapi permintaan warga Desa Kinali dengan memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana pertanian seperti handtraktor, irigasi, turap tebing yang akan dibangun oleh Dinas PUPR dan melakukan perbaikan akses jalan warga sepanjang 2 KM yang akan dipatching oleh Dinas Perkim.*