Giat Program Germas di Kuantan Singingi

18 Oktober 2024
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kuansing yang diikuti Pj Sekda dr Fahdiansyah

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kuansing yang diikuti Pj Sekda dr Fahdiansyah

RIAU1.COM - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kuantan Singingi (Kuansing) dr. H. Fahdiansyah, mengikuti rangkaian kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kuansing dalam upaya pelaksanaan dan pembudayaan Germas, bersempena Hari Jantung Sedunia tahun 2024. 
Rangkaian kegiatan dimulai dari senam bersama, deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular, pemeriksaan kesehatan meliputi cek kolesterol, gula darah, asam urat, dan tekanan darah, serta diberikan snack atau makanan bergizi.

Pada kesempatan itu, dr. Rikho Ade Putra, Sp. Jp menyampaikan bahwa jantung adalah penyebab kematian pertama di indonesia bahkan di dunia. Untuk itu, masing-masing orang sangat diwajibkan melakukan Medical Check-up paling tidaknya sekali dalam setahun, agar mendeteksi penyakit jantung.

"Upaya menghindari penyakit jantung itu dikenal dengan slogan SEHAT, yaitu seimbangkan gizi, hindari rokok, hindari stres, awasi tekanan darah, teratur berolahraga. Jadi lakukanlah hal tersebut, karena hidup sehat dimulai dari jantung yang sehat," jelas dr. Rikho Ade Putra.

Sementara Pj Sekretaris Daerah, dr. Fahdiansyah menyampaikan bahwa Germas ini merupakan program pemerintah yang harus terus digiatkan, terutama untuk melakukan pola hidup yang bersih dan sehat.

"Kegiatan Germas bersempena dengan Hari Jantung Sedunia ini, diharapkan menjadi momen bagi kita semua untuk memberdayakan, meningkatkan, dan menstimulasikan lagi pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari," harap Pj sekda.

Selanjutnya, Pj Sekda berpesan kepada Dinas Kesehatan sebagai leading sektor untuk dapat mengupayakan agar senam bersama pada hari Kamis menjadi agenda Pemkab kedepannya.

"Di beberapa OPD mungkin masih ada yang melakukan senam bersama pada hari Kamis, namun kedepannya diharapkan senam bersama ini menjadi agenda Pemkab setiap minggunya. Dinkes bersama jajaran diharapkan dapat mengupayakan dan mendorong agar kegiatan tersebut bisa direalisasikan," tutur Pj Sekda.*