Festival Pacu Jalur di Kuantan Mudik Diharap Bisa Angkat Sektor Wisata

Festival Pacu Jalur di Kuantan Mudik Diharap Bisa Angkat Sektor Wisata

2 Agustus 2024
Pembukaan pacu Jalur di Kuantan Mudik

Pembukaan pacu Jalur di Kuantan Mudik

RIAU1.COM - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr Suhardiman Amby membuka Festival Pacu jalur Kecamatan Kuantan Mudik di Desa Luai.

Festival pacu jalur Kecamatan Kuantan Mudik, berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 1-3 Agustus 2024. Ada sebanyak 55 Jalur ikut berpartisipasi untuk berlaga memperebutkan titel gelar juara di tepian H. Saidina Ali.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby berharap melalui festival pacu jalur ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta mendorong sektor pariwisata di Kuansing, terutama di daerah Lubuk Jambi.

"Pelaksanaan festival pacu jalur di Kecamatan Kuantan Mudik ini diharapkan dapat mendorong kunjungan wisatawan ke beberapa destinasi wisata di Lubuk Jambi, diantaranya Air terjun Guruh Gemurai, Air Terjun Pati Soni, Pemandian Napagh Kuning dan Tobek Pebaun. Jika pacu jalur terkoneksi dengan wisata daerah, maka akan meningkatkan animo pengunjung dan terjadi perputaran ekonomi," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kuansing juga menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar 50 Juta untuk pembuatan jalur kepada 13 Desa. Ia juga menyampaikan bahwa lokasi pembukaan pacu jalur Kecamatan Kuantan Mudik akan dijadikan permanen, yakni di Lapangan Desa Luai.

"Lokasi pembukaan pacu jalur yang rutin dilaksanakan di Kuantan Mudik ini, akan segera kita permanenkan. Untuk itu, pak Camat segera urus soal lahannya dengan pemilik tanah," pungkas Bupati Kuansing.*