Bupati Suhardiman Amby Ingin Ada Ratusan Pabrik Baru Berdiri di Kuansing

Bupati Suhardiman Amby Ingin Ada Ratusan Pabrik Baru Berdiri di Kuansing

16 September 2024
Peresmian pabrik kelapa sawit mini CV. Adifa Meka Hara

Peresmian pabrik kelapa sawit mini CV. Adifa Meka Hara

RIAU1.COM - Berdirinya pabrik kelapa sawit mini CV. Adifa Meka Hara (AMH) dengan dana pribadi atau mandiri, dapat apresiasi khusus dari Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. H. Suhardiman Amby.

Apresiasi tersebut disampaikan bupati Suhardiman Amby saat menghadiri peresmian pabrik kelapa sawit (PKS) mini CV. AMH yang terletak di Desa Muara Tiu, Kecamatan Pucuk Rantau, Ahad (15/9) siang.

"Sebenarnya ada kegiatan-kegiatan pembangunan pabrik yang bisa menggunakan dana APBN atau dana Kementerian terkait, seperti pabrik yang berada di Singingi. Namun, mereka membangun ini secara mandiri atau dengan dana pribadi, itu sangat luar biasa. Jadi, patut kita apresiasi,"kata Bupati Kuansing.

Suhardiman Amby berharap agar ini menjadi contoh bagi pengusaha lainnya. "Semoga kedepannya akan tumbuh terus pabrik-pabrik yang dibangun secara mandiri dan sahamnya dapat dikuasai oleh petani. Jadi, jangan pernah berhenti berkarya untuk bangsa,"tutur dia.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa BPDPKS, Kementerian Perindustrian dan KUR dari Bank juga menyediakan pendanaan yang bisa dimanfaatkan untuk membangun pabrik-pabrik kelapa sawit. 

"Pabrik ini yang pertama beroperasi, nanti akan ada 2 lagi menyusul. Diharapkan nanti akan ada lagi ratusan pabrik-pabrik baru yang lahir di Kuansing," tuturnya.*