Bupati Kuansing Klaim Antusias Masyarakat Sambut Pacu Jalur Meningkat

Bupati Kuansing Klaim Antusias Masyarakat Sambut Pacu Jalur Meningkat

16 Agustus 2024
Pembukaan festival pacu jalur tradisional di Kuantan Hilir

Pembukaan festival pacu jalur tradisional di Kuantan Hilir

RIAU1.COM - Pawai pada pembukaan festival pacu jalur tradisional di Kuantan Hilir, bertempat di Halaman Kantor Camat, Kamis (15/08) antusias dihadiri masyarakat.

Sebanyak 18 tim mengikuti pawai pembukaan festival pacu jalur di Kuantan Hilir, terdiri 12 desa, korwil dan UPTD.

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Dr. Suhardiman Amby, menyebutkan, antusiasm masyarakat tersebut bukti bahwa tingkat kecintaan masyarakat terhadap budaya pacu jalur semakin meningkat.

"Kegiatan festival pacu jalur secara resmi kita buka, kali ini di Kecamatan Kuantan Hilir bersempena dengan menyambut peringatan HUT RI yang ke-79. Masyarakat tampak antusias mengikuti pawai pembukaan, itu menunjukan rasa kecintaan masyarakat semakin meningkat," kata Bupati Kuansing.

Pacu Jalur, sebut dia, merupakan tradisi dan budaya yang telah turun temurun sejak ratusan tahun lalu. 

"Disamping sebagai ajang perlombaan, pacu jalur memiliki arti dan makna yang sangat mulia, yaitu sebagai ajang pemersatu, gotong royong dan olah raga,"ujarnya.

Sambung Bupati Kuansing mengatakan, pada tahun 2024 ini Festival Pacu Jalur kembali ditetapkan dan masuk kedalam Kharisma Even Nusantara (KEN).

"Saat ini festival pacu jalur bahkan berhasil menempati posisi 10 besar KEN oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia," tutur dia.*