Menjaga Ekosistem, Ribuan Benih Ikan Tawar Ditebar di Desa Perhentian Sungkai Kuansing

Menjaga Ekosistem, Ribuan Benih Ikan Tawar Ditebar di Desa Perhentian Sungkai Kuansing

30 Juni 2022
saat tebar benih

saat tebar benih

RIAU1.COM - Ribuan benih ikan air tawar belum lama ini ditebar Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby didampingi Sekretaris Daerah H Dedy Sambudi dan Plt Kepala Dinas Perikanan  Kuansing Dr Agus Mandar di Desa Perhentian Sungkai Kecamatan Pucuk Rantau Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Hal itu dilakukan untuk menjaga ekosistem ikan perairan tawar yang bertujuan melestarikan, dengan cara kembali melakukan penebaran benih ikan di sungai yang ada di Desa Perhentian Sungkai tersebut.

“Semoga dengan demikian, nantinya ikan-ikan ini mampu membantu mempertahankan ekosistem dan mampu mencukupi kebutuhan ikan bagi masyarakat, selagi perairan tawar ini bisa di jaga dan tidak dirusak dengan aktivitas ilegal,” ujar Suhardiman Amby.

Masih dalam kesempatan sama, Plt Bupati Suhardiman Amby juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan, serta kelangsungan hidup ikan-ikan di perairan tawar seperti di sungai tersebut.

“Ikan lokal ini banyak mengandung protein dan lebih terjamin kualitas dan mutunya, sehingga sangat bagus di konsumsi serta menyehatkan,” ajak Suhardiman Amby.

Sementara itu, Plt Kadiskan Kuansing Agus Mandar menyampaikan dengan penebaran benih ikan perairan tawar ini diharapkan mampu berkembang biak dan membantu mengembalikan fungsi sebagaimana mestinya.

“Dengan harapan benih tersebut dapat berkembang biak secara baik serta sungai dan perairan umum bisa kembali berfungsi sebagaimana bermanfaat dalam menghasilkan ikan bagi masyarakat,” tegas Agus Mandar.

Dalam kesempatan itu, Agus Mandar juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kuansing untuk senantiasa mengkonsumsi ikan.

“Yuk, mari mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi ikan lokal,” ajak Agus Mandar.*