Ini Kata Kapolres untuk Tingkatkan Kemampuan Tracer Personil Polres Kuansing

Ini Kata Kapolres untuk Tingkatkan Kemampuan Tracer Personil Polres Kuansing

27 Juli 2021
Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto membuka pelatihan Tracer personil Polres/zar

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto membuka pelatihan Tracer personil Polres/zar

RIAU1.COM -Ditengah meningkatnya kasus Covid-19 akhir akhir ini, sangat diperlukan pula upaya pencegahan dan Protokol Kesehatan (Prokes) dari seluruh elemen masyarakat.


Oleh karena itu, Polres Kuansing melakukan pelatihan guna meningkatkan kemampuan Tracer, yang diikuti sebanyak 70 personil Polres (diluar Fungsi Bhabinkamtibmas) terdiri dari :
- 23 Orang personel Pleton Tracer Polres
- 40 Orang personel Pleton Tracer Polsek Jajaran
- 7 orang dari Senkom Teluk Kuantan.


" Benar kita melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan personel Tracer, yang dibuka secara langsung oleh Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto," Ungkap Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto S.Ik. MM melalui Kabag Sumda Kompol Yanuardi SH. MH, bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Kuansing, Selasa (27/7/2021).


Sedangkan narasumbernya berasal dari Dinas Kesehatan Kuansing (Kabid Yankes Drg.Arni Suharti), Kasat Binmas Polres Kuansing AKP Efrion, dan Penyampaian materi oleh personel Polres (Aipda Iswadi dan Bripka Zul Abdi ST).


Adapun tujuan pelatihan adalah
1. Menjelaskan tentang Pelatihan Aplikasi SILACAK (Sistem Informasi Pelacakan) bagi tracer COVID-19, guna mendukung kegiatan Testing, Tracing dan Treatment (3T) Kuansing. 

2. Menjelaskan Tracing/ pelacakan sebagai upaya 3T, melengkapi Testing dan Treatment, yang dilakukan pemerintah sebagai bagian penanganan COVID-19.

3. Untuk mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang berkontak dengan penderita COVID-19, lalu menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virus, dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit Covid-19 untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.


"Sementara sasaran sebagai Tracer, Babinsa dan Babinkantibmas, dan petugas Surveilans Puskesmas sebagai petugas pengolah data. Dengan adanya Tracer memudahkan petugas Puskesmas dalam memantau orang, yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi," Tuturnya. (Zar)