Aplikasi E-BPHTB bisa Tingkatkan PAD Kuansing, Ini Harapan Pjs. Bupati Roni Rakhmat

Aplikasi E-BPHTB bisa Tingkatkan PAD Kuansing, Ini Harapan Pjs. Bupati Roni Rakhmat

28 Oktober 2020
Pjs. Bupati Kuansing Roni Rakhmat memukul Gong sebagai tanda peluncuran E-BPHTB/R24

Pjs. Bupati Kuansing Roni Rakhmat memukul Gong sebagai tanda peluncuran E-BPHTB/R24

RIAU1.COM -Kuansing - Satu lagi kemajuan yang dimiliki Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, dalam bidang Elektronik yaitu melalui Aplikasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan berbasis elektronik (E-BPHTB).
 

Dimana, E-BPHTB merupakan layanan pembayaran, pelaporan dan pengungkit pembayaran BPHTB bagi wajib pajak atau PPAT.


Kepala Badan Pendapatan Daerah Kuantan Singingi, Jafrinaldi, A M.Si menyebutkan E-BPHTB lahir berkat kerjasama dengan BPN Kuansing dan Bank Riaukepri. " Ini dilakukan guna memangkas birokrasi, dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," Ujarnya saat mendampingi Pjs. Bupati Roni Rakhmat saat Peluncuran E-BPHTB Selasa (27/10). 

Dikatakannya, E-BPHTB dibuat dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah dari segi BPHTB. Biasanya, perhitungan BPHTB dilakukan secara manual. " Namun, kini tidak lagi. Melalui E-BPHTB ini, masyarakat lebih cepat dan lebih mudah mengetahui berapa besaran pajak BPHTB yang akan mereka bayarkan," Imbuhnya.


Menurutnya, Aplikasi E-BPHTB dibuat oleh anak-anak Kuansing, yang direkrut oleh Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfoss). "Semoga ke depan, Diskominfoss Kuansing bisa membuat dasbord PAD. Sehingga, Bupati akan lebih mudah dalam memantau PAD yang masuk," Tuturnya.


Sedangkan Pjs Bupati Kuansing Roni Rakhmat sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Bapenda Kuansing. Ia berharap, inovasi seperti ini diikuti oleh dinas lain.


"Inovasi teknologi sangat diperlukan untuk peningkatan pelayanan. Ke depan, semua sudah tersedia secara online. Kalau orang mau tahu PAD Kuansing, tinggal buka aplikasi, begitu juga dengan pariwisata. Sehingga, masyarakat akan semakin mudah," Tuturnya. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Dianto Mampanini, Kepala Bank Riaukepri Cabang Kuansing, dan Kepala BPN Kuansing serta kepala OPD lainnya. (ndi)