IDI Minta Para Dokter Waspada, Sudah 6 Nakes Positif Covid-19 di Kuansing

IDI Minta Para Dokter Waspada, Sudah 6 Nakes Positif Covid-19 di Kuansing

26 Oktober 2020
ilustrasi

ilustrasi

RIAU1.COM -Kuansing - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, dr. H. Fahdiansyah, SpOG mengingatkan seluruh anggotanya, untuk dapat menerapkan Protokol Kesehatan dalam penanganan Pasien Covid-19.

"Sebelum menangani pasien, pastikan bahwa diri kita aman terlebih dahulu. Kalau kita sudah aman, baru tangani pasien," Penegasan itu disampaikan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kuantan Singingi,  dr. H. Fahdiansyah, SpOG pada saat Zoom Meeting Rapat Pembahasan Perkembangan Covid-19, bertempat di Ruang Multimedia Kantor Bupati Kuansing, Jumat (23/10) kemarin.


Dikatakannya, Se iring banyaknya tenaga medis terutama dokter yang terinfeksi Covid-19, setidaknya sampai hari ini sudah ada enam dokter di Kuansing yang terpapar Covid-19. " Sampai hari ini, ada enam orang dokter di Kuansing yang terpapar Covid-19. Beberapa orang sudah sembuh dan ada juga yang masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri," Jelasnya. 


Menurutnya, Dalam situasi Pandemi Covid-19, para Dokter dan Tenaga Medis yang paling rentan terpapar. Sebab, mereka menjadi ujung tombak dalam penanganan pasien. " Nah, pasien dengan gejala ringan perlu menjadi perhatian kita bersama, jangan sampai kita abaikan protokol kesehatan dalam menanganinya. Perlakuannya harus sama dengan pasien gejala berat, begitu juga dengan OTG," Ujarnya yang biasa disapa dr. Ukup ini.


dr. Ukup menyakini, perlu kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan dalam menangani pasien. Sehingga, pasien bisa ditolong dan tenaga medis terhindar dari Covid-19. " Misalnya pasien datang mengeluhkan batuk atau deman, kan kita belum tahu apakah mereka terpapar atau tidak. Nah, penanganannya harus standar. Memakai APD, seperti masker dan sarung tangan," Tuturnya. 

Zoom Meeting Rapat Pembahasan Perkembangan Covid-19 ini, dihadiri langsung PJs Bupati Kuansing Roni Rakhmat, Sekdakab DR. Dianto Mampanini, Asisten, Tim Gugus Tugas Covid-19, Kepala Dinas, Direktur RSUD, Camat, Ketua IDI Kuansing, Kepala Puskesmas se Kuansing. (ndi)